PM Jepang dijadwalkan diterima Presiden Joko Widodo di Istana Bogor

PM Jepang dijadwalkan diterima Presiden Joko Widodo di Istana Bogor

Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga bersiap untuk foto dengan menteri kabinet di kediaman resmi Suga di Tokyo, Jepang, Rabu (16/9/2020). ANTARA FOTO/REUTERS/Issei Kato/nz/cfo/aa. (REUTERS/ISSEI KATO)

Bogor (ANTARA) -

Perdana Menteri (PM) Jepang Yoshihide Suga dan rombongan dijadwalkan diterima Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Selasa (20/10), dalam kunjungan kenegaraannya ke Indonesia selama dua hari, pada Selasa dan Rabu, 20-21 Oktober 2020.

Komandan Korem 061/Suryakencana Brigjen TNI Agus Subiyanto, di Kota Bogor, Senin, mengatakan persiapan pengamanan kunjungan PM Jepang dan rombongan, sudah disiapkan secara maksimal, dan diharapkan kunjungan kenegaraan tersebut berjalan lancar.

Menurut Agus, persiapan pengamanan dilakukan sesuai prosedur tetap pengamanan kunjungan kenegaraan, yakni pengamanan berlapis baik pada ring satu, ring dua, maupun ring tiga.

Baca juga: Indonesia sambut kunjungan PM Jepang Yoshihide Suga

"Ada sekitar 1.000 personel TNI yang disiapkan mengamankan kunjungan PM Jepang tersebut. Pada ring satu diisi oleh Paspampres, sedangkan personel TNI dari Korem 061/Suryakencana berada pada ring dua dan ring tiga," katanya.

Agus menambahkan, pada kondisi pandemi COVID-19 saat ini, maka penyambutan juga dilakukan secara sederhana. "Tidak melibatkan pelajar sekolah dalam penyambutan ini," katanya.

Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan kunjungan kenegaraan PM Jepang ke Kota Bogor pada Selasa (20/10), dalam situasi pandemi COVID-19, sehingga menjadi serba minimalis.

Baca juga: Suga sampaikan dukungan untuk inisiatif Indo-Pasifik kepada Jokowi

Menurut Bima, PM Jepang membawa rombongan minimalis, Presiden Joko Widodo juga menyambutnya didampingi menteri dalam jumlah minimalis, hanya empat menteri, serta kegiatannya juga disiapkan minimalis.

Pemerintah Kota Bogor, kata dia, memberikan dukungan, seperti penyiapan pengaturan arus lalu lintas di jalan raya, dan dukungan lainnya untuk kelancaran kegiatan kunjungan kenegaraan tersebut.

Sebelumnya diberitakan, PM Jepang Yoshihide Suga dan rombongan telah berangkat dari negaranya untuk kunjungan kenegaraan selama empat hari ke Vietnam dan Indonesia.

Baca juga: Yoshihide Suga resmi jadi PM Jepang gantikan Shinzo Abe

Setelah berkunjung ke Vietnam, PM Jepang dijadwalkan tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, pada Selasa (20/10) siang.
Pewarta : Riza Harahap
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020