Ini alasan rapid test jadi skrining awal Covid-19

Ini alasan rapid test jadi skrining awal Covid-19

Tes cepat (rapid test) COVID-19. (ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif)

Jakarta (ANTARA) -- Rapid test merupakan tes skrining awal COVID-19 yang beberapa bulan terakhir menjadi populer seiring maraknya virus corona di Tanah Air. Rapid test ini merupakan pengetesan virus corona pada tubuh manusia dengan media sampel darah. Dari sampel darah tersebut nantinya akanmenunjukkan kondisi antibodi atau imunoglobulin yang terbentuk jika tubuh sedang melawan virus.
 
Meski pengujian jenis ini tidak akurat 100 persen, namun banyak orang lebih memilih melakukan rapid test. Tidak bisa dipungkiri, cara ini memiliki banyak keunggulan dibandingkan tes uji corona lainya. Apa saja kelebihan rapid test? Mari simak ulasannya berikut ini.
 
1. Waktu Tes yang Sangat Singkat
 
Kelebihan utama yang membuat orang-orang lebih tergiur melakukan rapid test ini dibandingkan tes lainnya adalah waktu keluar hasilnya relatif singkat. Biasanya hasil akan keluar hanya dalam waktu 15 hingga 20 menit saja. Tentu ini sangat berbeda dengan uji swab atau Real Time Polymerase Chain Reaction (PCR) yang membutuhkan waktu berhari-hari.
 
Apalagi bagi mereka yang sudah terdesak perlu bepergian dalam waktu dekat, tidak sampai berhari-hari, rapid test akan jadi pilihan terbaik.
 
2. Bisa Dilakukan di Laboratorium Mana Saja
 
Hal lainnya yang menjadi keunggulan dari rapid test adalah bisa dilakukan di laboratorium mana saja. Karena seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sampel yang diambil adalah darah. Tidak seperti swab yang mengambil sampel dari spesimen lendir di hidung dan tenggorokan sehingga tempat penggunaannya di lab biosecurity level II.
 
3. Biaya yang Lebih Terjangkau

Satu lagi yang tidak bisa diabaikan begitu saja, sekarang biaya rapid test juga lebih terjangkau. Makin banyak penyedia jasa kesehatan yang menawarkan rapid test dengan biaya yang murah.

Seperti halnya Okadoc yang menawarkan rapid test dengan harga yang sangat murah. Anda hanya perlu merogoh uang Rp1.500 saja, jauh lebih murah dari batas harga resmi yang sitetapkan pemerintah.

Program ini sudah berlangsung sejal 9 Oktober 2020 dengan kuota harian terbatas. Anda bisa mendapatkan rapid test harga spesial ini selama kuota tersedia. Rumah sakit yang kali ini berpartisipasi adalah RSU Siti Hajar Medan, RS Citra Medika Depok dan RS Asri Medika Cikarang.

Untuk bisa langsung mengecek apakah kuota di berbagai rumah sakit tersebut masih terisi, Anda bisa melakukan pengecekan di sini ya.
Lalu bagaimana cara untuk bisa menikmati rapid test hanya dengan Rp1.500? Sangat mudah sekali, hanya perlu daftar Okadoc saja. Mudah sekali bukan? Segera buat akun Anda di Okadoc dan pesan rapid test hanya Rp1.500 sebelum kehabisan!
Pewarta : PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2020