Jakarta (ANTARA) - Pertamina Lubricants, anak usaha BUMN Migas PT Pertamina (Persero), telah meluncurkan aplikasi Android Enduro Home Service, sebuah platform belajar dan berwirausaha bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang terlibat dalam program tanggung jawab perusahaan (CSR) Enduro Home Service (EHS).

Enduro Home Service merupakan program CSR yang mengajak sejumlah SMK di Indonesia untuk memadukan kompetensi teknis yang diperoleh dari pembelajaran produktif di kelas dengan materi kewirausahaan dengan output berupa pelayanan home service oleh siswa untuk masyarakat di lingkungan sekolah atau tempat tinggal siswa yang membutuhkan jasa berbaikan kendaraan roda dua, ganti oli, dan servis ringan lainnya.

“Dengan hadirnya aplikasi ini, pembelajaran yang biasanya dilakukan di kelas kini dapat dilakukan secara online. Siswa dapat berinteraksi dan belajar secara virtual dengan guru, instruktur, dan mekanik bengkel mitra Pertamina Lubricants, melakukan pendataan pemesanan, jumlah konsumen dan transaksi pelayanan home service, sekaligus dapat memesan pelumas Pertamina sesuai dengan kebutuhan,” kata Corporate Secretary PT Pertamina Lubricants Iwan Ridwan Faizal, dalam pernyataannya, dikutip Minggu.

Baca juga: Shell Indonesia sabet HR Asia Award 2020

Baca juga: Pertamina EP Asset 3 berhasil tingkatkan produksi minyak dan gas bumi


Iwan Ridwan Faizal mengatakan bahwa hadirnya sistem daring ini merupakan upaya menjawab tantangan belajar dan berbisnis di masa pandemi sekaligus memberikan kemudahan bagi SMK untuk terus menjalankan program EHS secara efektif.

Sebagai tahap awal, siswa menerima berbagai pembekalan materi di kelas antara lain materi teknis otomotif, ilmu pelumas dan sistem pelumasan, pengetahuan produk pelumas Pertamina, teknik pengelolaan bengkel, teknik penjualan dan pemasaran, pengetahuan industri otomotif dan materi lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan kompetensi berwirausaha.

Berbagai materi ini disampaikan oleh guru dan instruktur di sekolah, technical specialist ILMA (Integrated Lubrication Management Academy), para mekanik bengkel mitra Pertamina Lubricants dan sederet instruktur profesional lainnya.

Selain itu, Pertamina Lubricants juga melakukan branding Enduro Express untuk bengkel di SMK dan memberikan tambahan peralatan usaha seperti seragam mekanik, toolkits, dan paket pelumas Pertamina yang dapat digunakan siswa.

Selanjutnya, siswa dipacu untuk mengimplementasikan materi yang didapat secara langsung dengan melakukan pendataan pelanggan potensial di lingkungan sekitar sekolah atau tempat tinggal siswa untuk dijadwalkan dengan pelayanan Home Service.

Miftaulud Paradeva, siswa kelas XII SMK Negeri 2 Cilacap menyampaikan pengalamannya dalam menjalankan EHS dengan sarana digital ini.

“Aplikasi ini sangat membantu saya untuk belajar modul wirausaha dan otomotif kapan saja dan di mana saja. Membuat laporan pelayanan dari siswa kepada guru juga lebih cepat dan mudah," kata dia.

EHS merupakan salah satu program CSR Pertamina Lubricants yang mengimplementasikan program "Link And Match" dunia pendidikan dan industri dalam meningkatkan daya saing tenaga kerja dan industri.

Sejak diluncurkan pertama kalinya pada tahun 2019 oleh Production Unit Cilacap di 7 SMK, EHS kini telah dijalankan di 5 Sales Region antara lain Medan, Semarang, Surabaya, Makassar, Balikpapan, dan telah menjangkau 30 SMK serta melibatkan lebih dari 10.500 siswa SMK kelas XII, XI dan X di penjuru negeri.

Baca juga: Pertamina lakukan CSR pemberian makanan tambahan bagi anak usia dini

Baca juga: Pertamina Lubricants buka bengkel Enduro Express untuk SMK

Baca juga: Pertamina ungkap alasan harga BBM di Indonesia masih mahal
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020