Dua-duanya antara SDM dan ekonomi ini mutlak
Jakarta (ANTARA) - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menilai pembangunan desa harus bertumpu pada dua hal yaitu pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan ekonomi.

"Karena keduanya sama dengan bicara tentang lebih dulu mana antara ayam dan telur tidak ada ujungnya. dua-duanya antara SDM dan ekonomi ini mutlak," kata Mendes yang akrab disapa Gus Menteri saat memberikan arahan di Balai Latihan Masyarakat (BLM) Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat.

Ia mengatakan SDM dan ekonomi merupakan sektor yang sama-sama penting dan harus menjadi prioritas sehingga tidak boleh diambil salah satunya.

Dalam kesempatan itu, ia meminta agar seluruh BLM milik Kemendes PDTT yang tersebar di beberapa daerah juga fokus pada pengembangan SDM, selain melakukan pelatihan untuk meningkatkan ekonomi desa.

Adapun pesertanya tidak harus selalu warga desa, bisa juga pendamping desa, kepala desa dan bisa juga aparatur desa.

BLM, katanya, juga dapat memfasilitasi diskusi antar kepala desa tentang pengalaman mereka dalam membangun desa. Kepala desa yang berprestasi, menurut Mendes, perlu diberikan fasilitas berbagi pengalamannya agar dapat ditiru oleh kepala desa yang lain.

"Percepatan pembangunan desa kuncinya satu yaitu meniru keberhasilan yang sudah diraih oleh kepala desa dan desa yang berhasil, atau istilahnya replikasi atau kloning atau adopsi pada berbagai keberhasilan yang dilakukan atau diraih oleh desa lain," kata demikian Abdul Halim Iskandar.

Baca juga: Mendes PDTT: Tunda dulu pembangunan tak terfokus SDM dan ekonomi

Baca juga: Kemendes PDTT kuatkan kapasitas SDM aparatur desa antisipasi korupsi

Baca juga: Mendes PDTT: Optimalisasi Dana Desa penting untuk pertumbuhan ekonomi

Pewarta: Katriana
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020