Penggunaan masker terus dikampanyekan Satgas BUMN Kalteng

Penggunaan masker terus dikampanyekan Satgas BUMN Kalteng

Satuan Tugas Bencana Nasional Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Provinsi Kalimantan Tengah menyerahkan masker kepada petugas dinas perhubungan di terminal WA Gara Palangka Raya, Jumat (16/10/2020). (FOTO ANTARA/Rendhik Andika)

Palangka Raya (ANTARA) - Satuan Tugas Bencana Nasional Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Provinsi Kalimantan Tengah terus mengampanyekan penggunaan masker sebagai salah satu upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

"Salah satu yang kita lakukan yakni dengan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menggunakan masker saat beraktivitas," kata Koordinator Wilayah Satgas Bencana BUMN Kalteng, Maslipansyah di Palangka Raya, Jumat.

Ia mengatakan penggunaan masker sendiri masih menjadi cara paling tepat untuk mencegah penyebaran COVID-19 sejalan dengan penerapan menjaga jarak fisik dan rajin mencuci tangan menggunakan sabun.

Pria yang juga merupakan Kepala BNI Cabang Palangka Raya itu mengatakan selain mengedukasi masyarakat, kampanye penggunaan masker itu juga dilakukan dengan membagikan ribuan masker.

"Sasaran pembagian ribuan masker ini yakni kepada masyarakat yang tersebar di 13 kabupaten dan satu kota di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah," kata Maslipansyah didampingi sejumlah pimpinan BUMN usai pembagian masker di terminal WA Gara Palangka Raya.
Satuan Tugas Bencana Nasional Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Provinsi Kalimantan Tengah menyerahkan masker penumpang di terminal WA Gara Palangka Raya, Jumat (16/10/2020). (FOTO ANTARA/Rendhik Andika)
Turut hadir dalam kegiatan itu seperti Kepala LKBN Antara Biro Kalteng, Kepala PT Jasa Raharja Kalteng dan Kepala PT Taspen.

Maslipansyah menjelaskan, untuk wilayah Palangka Raya, pembagian masker dilakukan di tiga lokasi berbeda, meliputi Pasar Kahayan, Pasar Besar serta Terminal WA Gara. Pembagian masker ini, juga dilakukan lakukan serentak di seluruh Indonesia, sebagai bentuk kepedulian BUMN di masa pandemi.

Sesuai instruksi Kementerian BUMN, pembagian masker dilakukan di sejumlah lokasi strategis yang dinilai banyak terjadi interaksi masyarakat, yakni kawasan pasar tradisional dan terminal.

Wakil Ketua Satuan Tugas Bencana Nasional BUMN Provinsi Kalimantan Tengah, Rendy Ramadhan Lubis menambahkan, kampanye penggunaan masker dan edukasi penerapan protokol kesehatan COVID-19 selain dilakukan secara langsung juga dilakukan secara daring.

Hal itu dilakukan untuk memperluas jangkauan kampanye dan edukasi penerapan protokol kesehatan serta sebagai upaya penerapan jarak fisik dan meminimalkan kontak langsung.

"Kami dari Satgas BUMN maupun secara institusi terus mengampanyekan penerapan protokol kesehatan secara langsung maupun daring. Minimal edukasi 3 M atau (menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak)," kata pria yang merupakan Kepala Askrindo Cabang Palangka Raya.

Pihaknya mengajak masyarakat di Provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila" itu selalu menerapkan protokol kesehatan sehingga penyebaran COVID-19 semakin dapat diminimalkan.

Baca juga: Satgas bencana BUMN terus bergerak tangani dampak COVID-19 di Kalteng

Baca juga: Tambah delapan, positif COVID-19 di Palangka Raya naik 1.079 kasus

Baca juga: Cegah penyebaran COVID-19, BKKBN Kalteng lakukan tes cepat massal


 
Pewarta : Rendhik Andika
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020