masalah pengobatan ini memang ada perintah, ada hadistnya
Jakarta (ANTARA) - Wapres RI Ma'ruf Amin mengatakan vaksinasi atau imunisasi merupakan salah satu ikhtiar mencegah terjadinya penyakit termasuk juga dalam pandemi COVID-19.

"Itu bentuk ikhtiar mencegah terjadinya suatu penyakit jadi imunisasi bagian dari pada berobat," kata Wapres saat berbincang secara virtual dengan juru bicara pemerintah Reisa Broto Asmoro, di Jakarta, Jumat.

Wapres mengatakan pengobatan dibagi menjadi dua yakni kuratif dan preventif. Kuratif ada pengobatan jika sudah terjadi penyakit, sedangkan preventif sebelum terjadi penyakit.

"Dalam masalah pengobatan ini memang ada perintah, ada hadistnya. Berobatlah kamu, Allah tidak menetapkan penyakit kecuali ada obatnya. Setiap penyakit ada obatnya, cuma sudah ditemukan atau belum ditemukan saja. Kecuali yang tidak ada obatnya penyakit pikun," ujarnya.

Baca juga: Wapres: Patuh terhadap protokol kesehatan termasuk kategori ibadah

Baca juga: Bio Farma ungkap arahan Wapres soal kehalalan vaksin COVID-19


Dia menekankan imunisasi termasuk pencegahan. Menurutnya dalam dalil umum agama bersiaplah kamu dalam lima hal sebelum datang lima hal.

Bersiap pada masa muda sebelum kamu tua, masa sehat sebelum kamu sakit, kaya sebelum miskin, luang sebelum sibuk, hidup sebelum mati.

Hal itu, kata Wapres, adalah sebuah tindakan preventif.

"Masa sehat harus dipergunakan untuk mencegah sakit. Jadi itu barangkali dari imunisasi," kata dia.

Baca juga: Ma'ruf Amin tegaskan kehalalan tak hambat vaksin dari China

Baca juga: Wapres: Pemuka agama berperan penting cegah penularan COVID-19

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020