New York (ANTARA) - Nilai tukar dolar AS melonjak terhadap sejumlah mata uang utama lainnya bersama dengan safe-haven yen pada akhir perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB), karena tanda-tanda ekonomi AS terhenti sementara stimulus fiskal tampaknya tidak mungkin terjadi sebelum pemilihan presiden AS, membuat investor bersikap menghindari risiko.

Dolar menguat ketika ekuitas AS turun di tengah data yang menunjukkan pemulihan pasar kerja kehilangan tenaga, sementara aktivitas manufaktur di New York turun lebih besar dari yang diantisipasi.

Klaim pengangguran mingguan naik menjadi 898.000, bertambah 53.000 dari minggu sebelumnya dan di atas perkiraan 825.000. Kondisi ini meningkatkan kekhawatiran bahwa pandemi COVID-19 menyebabkan kerusakan permanen pada pasar tenaga kerja.

Dolar Australia mencapai level terendah dua minggu pada Kamis (15/10/2020) setelah kepala bank sentral mengisyaratkan kemungkinan pelonggaran moneter, sementara sentimen penghindaran risiko (risk-off) membuat dolar AS didukung dan sebagian besar mata uang utama lainnya dalam posisi defensif.

Setelah mengatakan kesepakatan stimulus sebelum pemilihan 3 November akan sulit, Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan dia akan terus berusaha mencapai kesepakatan tentang bantuan virus corona dengan Ketua DPR Nancy Pelosi sebelum tanggal itu.

“Masih ada banyak jarak antara semua pihak yang memiliki peran untuk bermain dalam kesepakatan dan asumsi pasar bahwa kesepakatan akan datang lebih cepat daripada nanti sedang ditantang,” kata manajer portofolio Keith Buchanan dari Global Investments di Atlanta, Georgia.

"Tantangan itu menjadi semakin jelas setiap hari yang berlalu tanpa kemajuan yang signifikan sejauh menyangkut negosiasi dan kami tidak melihatnya."

Indeks dolar melonjak 0,504 persen setelah menyentuh tertinggi satu minggu di 93,878.

Pound Inggris, yang terangkat pada Rabu (14/10/2020) oleh tanda-tanda kemajuan dalam pembicaraan Brexit, melepaskan kenaikan itu pada Kamis (15/10/2020) karena kekhawatiran tentang pembicaraan perdagangan dengan Eropa muncul kembali dan London menghadapi pembatasan virus corona yang lebih ketat.

Poundsterling diperdagangkan terakhir pada 1,2893 dolar, turun 0,91 persen pada hari itu.

Para pemimpin Uni Eropa mengatakan menyetujui kemitraan baru yang "adil" dengan Inggris adalah "layak untuk setiap upaya" tetapi blok itu tidak akan berkompromi dengan biaya berapa pun dan siap untuk perpecahan mendadak dalam perdagangan senilai satu triliun euro setiap tahun.

Prancis telah memberlakukan jam malam ketika infeksi virus corona meningkat, dan anggota Uni Eropa lainnya juga menanggapi lonjakan kasus baru dengan pembatasan baru.

Pasar khawatir gelombang baru penguncian dapat menghentikan pemulihan global pada saat harapan untuk stimulus AS sebelum pemilu 3 November memudar, membuang aset-aset berisiko seperti ekuitas dan mendukung aset-aset safe-haven seperti dolar dan yen.

Sementara melemah terhadap dolar AS, yen Jepang menguat 0,30 persen terhadap euro. Bloomberg melaporkan Bank Sentral Eropa "melihat sedikit alasan" untuk terburu-buru memberikan stimulus baru bulan ini bahkan ketika kasus virus corona melonjak dan ekonomi melambat.

Euro jatuh 0,49 persen menjadi 1,1688 dolar terhadap greenback.

Baca juga: Dolar jatuh dan euro terendah, tertekan memudarnya harapan stimulus AS
Baca juga: Dolar menguat saat harapan vaksin dan stimulus meredup
Baca juga: Dolar AS menguat tipis saat pedagang amati pembicaraan stimulus

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020