Jakarta (ANTARA) - Gubernur New York, Amerika Serikat, Andrew Cuomo mengatakan pihaknya tengah menyerukan penyelidikan atas konser drive-in grup EDM The Chainsmokers, yang diketahui melanggar protokol kesehatan ketika konser di tengah pandemi COVID-19.

Dikutip dari The Hollywood Reporter, konser amal yang dihelat di Southampton, New York, pada 25 Juli itu berubah menjadi kontroversi ketika sebuah video yang menampilkan beberapa anggota kerumunan tidak mengikuti protokol jarak sosial.

Gubernur Cuomo menyerukan penyelidikan atas pertunjukan itu bersama Departemen Kesehatan New York.

"Saya terkejut ... Kami tidak mentolerir bahaya ilegal dan sembrono terhadap kesehatan masyarakat," tulis Cuomo dalam pengumuman, melanjutkan bahwa penyelidikan akan dilakukan.

Baca juga: Lima hal yang dinanti dari konser The Chainsmokers Jakarta

Baca juga: Kemeriahan konser The Chainsmokers


Cuomo lalu mengumumkan hasil penyelidikan ini. Hasil yang didapat adalah denda sebesar 20 ribu dolar AS untuk promotor acara "In the Know Experiences" dan "Safe In Sound". Selain itu, kota Southampton tidak lagi dapat menyetujui izin untuk pertemuan kelompok tanpa persetujuan dari negara bagian.

Konser The Chainsmokers di bulan Juli itu berlangsung di luar ruangan seluas 100 hektar di The Hamptons, dengan tiket dibanderol seharga 1.250-25 ribu dolar AS, dan hasilnya disumbangkan ke berbagai badan amal.

Promoter In the Know Experiences mengatakan kepada Billboard pada bulan Juli, bahwa video yang beredar diambil dari sudut pengambilan yang salah, sehingga menimbulkan salah paham dan spekulasi.

"Kami melakukan segala daya kami untuk menegakkan pedoman jarak sosial New York dan berkolaborasi dengan semua pejabat kesehatan negara bagian dan lokal untuk menjaga keamanan semua orang," kata dia.

Promoter acara menolak berkomentar tentang perkembangan terbaru ini. The Chainsmokers juga belum merilis pernyataan apa pun terkait pertunjukan tersebut.

Baca juga: Chainsmokers dan 5SOS tampil bersama dalam video "Who Do You Love"

Baca juga: The Chainsmokers bocorkan kolaborasi dengan Blink-182

Baca juga: The Chainsmokers & Kelsea Ballerini suguhkan "The Feeling" di Ellen Show

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020