Jambi (ANTARA) - Koleksi tapir Kebun Binatang Taman Rimba Jambi bertambah dengan lahirnya satu tapir jantan anak dari induk tapir bernama Kasih pada 1 September 2020 pukul 06.00 WIB.

Kepala Seksi Tata Usaha UPTD Kebun Binatang Taman Rimba Jambi Kamarul Jaman di Jambi, Rabu, mengatakan bahwa setelah kelahiran anak tapir jantan itu jumlah tapir di Taman Rimba Jambi bertambah menjadi enam, yang terdiri atas tiga tapir jantan dan tiga tapir betina.

Kamarul bersyukur anak tapir yang baru lahir berhasil melewati masa rawan kematian dan usianya kini sudah satu bulan 12 hari. Tapir jantan anak dari Kasih dan Atra itu dinamai Arca oleh penjaga hewan di Taman Rimba Jambi.

Menurut Kamarul, dalam beberapa tahun terakhir anak tapir (Tapirus indicus) yang lahir di Tamah Rimba Jambi mati sebelum menginjak usia tujuh hari.

"Di Jambi cukup sulit untuk membiakkan tapir. Beruntung, berkat penjaga hewan yang ulet kali ini tapir yang dilahirkan dapat selamat," katanya.
 
Anak tapir jantan bernama Arca bermain di dalam kandang Kebun Binatang Taman Rimba Jambi, Sabtu (10/10/2020). (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan)


Petugas penjaga tapir di Taman Rimba Jambi Hermawan menjelaskan bahwa petugas memantau pergerakan anak tapir yang baru lahir serta induknya. Sampai saat ini anak tapir belum dipisahkan dari induknya.

"Anak tapir akan dipisah dari induknya jika sudah tidak menyusui," katanya.

Hermawan menjelaskan pula bahwa di Taman Rimba Jambi saat ini ada satu induk tapir yang hamil. Induk tapir bernama Peby di Taman Rimba Jambi usia kandungannya sekitar 10 bulan dan diperkirakan melahirkan pada Desember 2020.

"Harapannya Peby, indukan tapir yang saat ini sedang mengandung, juga dapat melahirkan anaknya dengan selamat," kata Hermawan.

Baca juga:
Gajah sumatera di Taman Rimba Jambi mati
Dua satwa mati, pengelolaan Taman Rimba Jambi dievaluasi

Pewarta: Muhammad Hanapi
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2020