Memang masyarakat di pesisir tersebut perlu dibantu karena sebagian besar mata pencarian mereka adalah nelayan. Dengan adanya pandemi COVID-19 industri jasa kuliner sedikit terganggu dan ini berdampak terhadap pemasaran produksi hasil nelayan
Manado (ANTARA) - Pelaksanaan bakti sosial yang dilakukan Badan Keamanan Laut (Bakamla) di Serei, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara diapresiasi pemerintah daerah itu karena membantu nelayan di pesisir yang terdampak pandemi COVID-19.

"Memang masyarakat di pesisir tersebut perlu dibantu karena sebagian besar mata pencarian mereka adalah nelayan. Dengan adanya pandemi COVID-19 industri jasa kuliner sedikit terganggu dan ini berdampak terhadap pemasaran produksi hasil nelayan," kata Penjabat Bupati Minahasa Utara Clay Dondokambey di Minahasa Utara, Rabu.

"Bersyukur Minahasa Utara sebagai salah satu fokus pelaksanaan bakti sosial Bakamla," tambahnya.

Bakti sosial Bakamla digelar atas kerja sama dengan Kementerian Sosial dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang dipusatkan di pangkalan kapal patroli Serei, Minahasa Utara.

Kegiatan itu juga akan dilaksanakan di Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud dengan penyaluran total bantuan sekitar 1.100 paket bantuan sosial dari Kementerian Sosial.

"Dengan bakti sosial ini, untuk penguatan dari sisi ekonomi sangat membantu," katanya.

Ia mengatakan dengan kegiatan diawali di Minahasa Utara, tentunya ada perhatian khusus untuk daerah itu.

Selain bantuan 1.100 paket bantuan sosial dari Kementerian Sosial, juga terdapat 3.064 item alat kesehatan dari BNBP meliputi pakaian hazmat, pelindung sepatu, kaca mata, alat "rapid test", masker kain dan "faceshield".

Baca juga: Bakamla gelar bakti sosial untuk masyarakat pesisir di Minahasa Utara

Baca juga: KKP beri kemudahan perizinan kapal nelayan Sulut

Baca juga: 72,39 Persen Hutan Minut Rusak

Baca juga: Kapolres Minahasa Utara mantapkan program unggulan kepolisian

 

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020