Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengucurkan dana sebesar Rp1,2 miliar untuk Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) sebagai dana fasilitas pelatnas Olimpiade Tokyo 2021.

Persetujuan anggaran dilakukan melalui proses penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional (PPON) Yayan Rubaeni dengan Sekretaris Jenderal PRSI Ali Patiwiri di Kantor Kemenpora, Senin, disaksikan secara virtual oleh Menpora Zainudin Amali dan Ketua Umum PRSI Anindya Bakrie.

“Berdasarkan hasil review dan seleksi administrasi dan RAB oleh tim yang dibentuk PPK pada 24 September 2020 dengan hasil usulan anggaran Rp1.596.000.000 dan disetujui bantuan sebesar Rp1.201.800.000,” kata Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Chandra Bakti.

Baca juga: Pelatnas renang ditargetkan mulai Oktober

Total bantuan Rp1,2 miliar itu meliputi dana pelatnas bagi enam atlet, dua pelatih, dan empat tenaga pendukung untuk mengikuti pelatnas Olimpiade dan pembinaan jangka panjang, termasuk persiapan SEA Games 2021 Vietnam.

Komponen dana fasilitas yang diberikan meliputi honorarium, akomodasi, tes PCR, tiket pemanggilan dan pemulangan atlet, suplemen, serta asuransi BPJS Ketenagakerjaan yang diperuntukan bagi manager, atlet, pelatih dan tenaga pendukung.

Mekanisme penyaluran dana dilakukan melalui transfer dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) ke rekening penerima bantuan sebesar 100 persen dari total bantuan.

Selanjutnya, Kemenpora mengimbau kepada induk organisasi cabang olahraga untuk menggunakan anggaran sesuai perjanjian. Jika menemukan kesulitan terkait penggunaan anggaran, Kemenpora, lanjut Chandra, siap memberikan pendampingan agar pengelolaan dana bantuan digunakan sesuai ketentuan.

Baca juga: Perenang Elysha Pribadi pecahkan tiga rekornas saat pandemi COVID-19
Baca juga: Enam petinju pelatnas bersiap rebut tiket Olimpiade Tokyo
Baca juga: PB Perpani tetapkan perubahan tim pelatnas panahan Olimpiade Tokyo


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2020