Sidoarjo (ANTARA) -
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda di Sidoarjo memprediksikan akan terjadi hujan deras disertai dengan angin kencang di sejumlah wilayah di Jawa Timur dalam tiga hari ke depan sehingga masyarakat diharapkan lebih berhati-hati dengan fenomena alam ini.
 
Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto di Sidoarjo, Minggu mengatakan, waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada siang sampai dengan sore hari di wilayah Kabupaten Malang, Kabupaten Probolinggo dan Bondowoso.
 
"Prakiraan cuaca wilayah Jawa Timur dan sekitarnya hari ini pada pagi hari diprakirakan cerah, berawan, dan hujan ringan sampai dengan sedang," ujarnya dalam keterangan tertulis.
Kemudian pada siang sampai dengan sore hari diperkirakan cerah berawan, hujan ringan sampai dengan sedang dan hujan lebat yang disertai petir.
 
"Kemudian pada malam hari diprakirakan cerah berawan, berkabut dan hujan ringan sampai dengan sedang," ujarnya.
 
Ia menjelaskan, untuk suhu udara berkisar antara 14 sampai dengan 35 derajat celsius dengan tingkat kelembaban udara berkisar 35 sampai dengan 95 persen.
 
"Sementara arah angin dominan dari Timur - Tenggara dengan kecepatan 05 sampai dengan 30 kilometer per jam," ucapnya.
BMKG juga merilis prakiraan kondisi cuaca maritim perairan Jawa Timur dengan arah angin didominasi dari Timur-Tenggara; Kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur 21 knots (39 km/jam) dan S. Hindia selatan Jatim sebesar 25 knots (45 km per jam).
 
Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0,3 - 1 meter, di Laut Jawa bagian timur antara 0.5 - 2.5 meter, sedangkan di S. Hindia selatan Jatim antara 2 - 5 meter.
 
BMKG juga meminta masyarakat mewaspadai tinggi gelombang lebih dari 2,5 meter di Perairan selatan Jawa Timur dan Samudera Hindia selatan Jatim.

Baca juga: BMKG dorong peningkatan mitigasi bencana di Indonesia
Baca juga: Ketua MPR: Pemerintah siapkan langkah antisipatif hadapi bencana alam

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020