Jakarta (ANTARA) -
Wakil Ketua MPR Sjarifuddin Hasan mengungkapkan bahwa Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara keberadaannya sangat istimewa, hadir khusus untuk rakyat Indonesia
 
Wakil Ketua MPR Sjarifuddin Hasan dalam keterangannya di Jakarta, Jumat, mengatakan keistimewaan Pancasila tersebut salah satunya adalah mampu menyatukan bangsa Indonesia dengan segala keberagamannya.
 
Dalam perjalanan sejarah bangsa, kemampuan Pancasila tersebut sudah terbukti, Indonesia bertahan dari segala permasalahan-permasalahan berat seperti pemberontakan yang dilakukan PKI, berbagai konflik SARA yang terjadi di beberapa daerah, dan aksi terorisme serta radikalisme.

Baca juga: MPR: Generasi muda harus akrab dengan Pancasila
 
"Padahal perbedaan yang ada di Indonesia tidak sedikit. Logikanya, perbedaan yang banyak akan berpotensi besar bermasalah. Tapi, ternyata tidak berlaku di Indonesia," katanya dia dalam gelar Sosialisasi Empat Pilar MPR kerjasama MPR dengan Organisasi Angkutan Darat (Organda) dan Paguyuban Pekerja Bongkar Muat (P2BM).
 
Ketua Organda Kota Bogor Muhammad Ishak, Ketua P2BM Kota Bogor Freddy Djuhardi serta para peserta sosialisasi anggota Organda dan P2BM juga masyarakat sekitar hadir dalam acara yang mematuhi protokol kesehatan secara ketat tersebut.
 
Pimpinan MPR yang biasa disapa Syarief Hasan ini mengatakan banyak negara-negara yang tingkat perbedaannya tidak sekaya Indonesia, sudah tercerai berai dan hancur.

Baca juga: Syarief Hasan ingatkan pemuda Indonesia agar berkarakter Pancasila
 
"Contohnya, Korea Selatan, Korea Utara, Uni Soviet, Suriah. Kenapa seperti itu, karena mereka tidak mengenal dan tidak memiliki falsafah Pancasila," ujarnya.
 
Melihat fakta-fakta tersebut, Syarief Hasan menegaskan bahwa Pancasila adalah kekuatan besar bangsa Indonesia, anugerah dari Sang Maha Pencipta.
 
"Coba bayangkan Indonesia tanpa Pancasila. Kehancurannya mungkin lebih besar dan Indonesia sudah lama hilang dari peta dunia," ucapnya.
 
Untuk itu, Syarief Hasan mengajak semua anak bangsa memiliki rasa bangga yang besar terhadap Pancasila, juga rasa syukur tak terhingga kepada Tuhan Semesta Alam telah sudi mengirimkan Pancasila hanya untuk rakyat Indonesia.
 
"Mulai sekarang jagalah selalu Pancasila sampai kapanpun demi kedamaian dan kesejahteraan Indonesia," ujarnya.

Baca juga: Hidayat Nur Wahid: Tidak sulit pahami dan laksanakan Pancasila

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2020