Warga Menteng Dalam bagi-bagi makanan gratis tradisi "Jumat Berkah"

Warga Menteng Dalam bagi-bagi makanan gratis tradisi

Berbagai hidangan disajikan gratis oleh warga RT 005/RW 012, Kelurahan Menteng Dalam, Jakarta Selatan, dapat dinikmati di sepanjang Jalan Menteng Pulo, Gang IX, setiap selesai Shalat Jumat (8/10/2020). (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Jakarta (ANTARA) - Warga RT 005/RW 12 Kelurahan Menteng Dalam, Jakarta Selatan, setiap hari Jumat menyediakan makanan gratis bagi jamaah masjid yang selesai Shalat Jumat.

Aneka hidangan tersaji di sepanjang Jalan Menteng Pulo Gang IX. Kegiatan berbagi makanan siap saji gratis ini diinisiasi oleh pengurus Masjid Umar bin Abdul Aziz.

Pengurus Masjid Umar bin Abdul Aziz, Heru Setiawan Putra menyebutkan, tradisi berbagi makanan gratis ini sudah ada sejak dua tahun yang lalu. "Kami menamainya 'Jumat Berkah'," kata Heru.

Heru mengatakan walau situasi sedang prihatin dengan adanya pandemi COVID-19, kepedulian warga sekitar untuk berbagi makanan semakin meningkat.

Kegiatan "Jumat Berkah" ini tidak hanya diikuti oleh warga muslim saja, tapi warga non muslim yang tinggal di wilayah tersebut ikut berpartisipasi.

"Hampir setiap rumah kirim dan taruh makanan serta minuman. Jangankan yang muslim, yang non muslim ada tiga rumah, di teras rumahnya nyediain makan dan tempat wudhu untuk jamaah," ujar Heru.

Baca juga: Jumat Peduli, Srikandi Jakarta Utara bagikan nasi bungkus gratis

Sari Oktari (40), salah satu warga yang sudah dua tahun aktif mengikuti kegiatan "Jumat Berkah"  mengatakan motivasinya untuk ikut adalah untuk saling berbagi kepada sesama.

Setiap hari Jumat, Sari menyediakan makanan dengan menu berbeda-beda, seperti soto Betawi, opor ayam, gorengan hingga mihun.

"Tapi selama pandemi ini saya sediainnya makanan yang simple aja, karena kan orang tidak boleh berkerumun ya, jadi makanan yang bisa dibawa pulang seperti bubur kacang ijo, gorengan dan jus," ujarnya.

Sari yang sehari-hari bekerja sebagai pedagang harian ini tidak menyoalkan harus mengeluarkan sebagian rezekinya untuk berbagi di hari Jumat.

Menurut dia, sejak ada kegiatan tersebut, warga di lingkungannya lebih kompak dan lebih erat silaturahminya.

Tidak hanya warga di lingkungan tempat tinggalnya, tapi juga jamaah masjid yang bukan warga sekitar, yakni para pekerja pertokoan di dekat kawasan tersebut.

"Banyak orang-orang luar yang shalat di sini, mereka sering bertanya, makanan ini gratis buk. Kita selalu kasih tau, ini semua gratis, tak jarang adanya juga yang ikut menyumbang uang untuk disedekahkan lagi di hari Jumat," kata Sari.

Kegiatan "Jumat Berkah" ini hanya berlangsung setelah Shalat Jumat. Para jamaah dan juga ustaz yang memimpin jalannya shalat dapat mencicipi hidangan di sepanjang Jalan Menteng Pulo Gang IX tersebut atau bisa dibawa pulang.

Berbagai hidangan yang bisa dinikmati, seperti pisang satu tanda, aneka gorengan, jus berbagai rasa, bubur kacang ijo, bubur candil, mihun goreng, bir pletok, buah-buahan dan masih banyak lainnya.
Baca juga: Bawa mobil "tahu bulat", relawan TurunTangan bagikan makanan gratis
Pewarta : Laily Rahmawaty
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020