Jakarta (ANTARA) - Penyerang Everton Dominic Calvert-Lewin mencetak gol dalam debutnya untuk tim nasional Inggris demi membantu skuat besutan Gareth Southgate itu mengatasi Wales 3-0 dalam laga persahabatan internasional di Stadion Wembley, London, Kamis waktu setempat (Jumat WIB).

Dilirik Southgate karena performa apiknya di awal musim 2020/21, Calvert-Lewin sukses menduplikasi penampilan itu bersama The Three Lions.

Berawal dari aksi Jack Grealish, kapten Aston Villa itu mengirimkan umpan terukur ke muka gawang di mana Calvert-Lewin berdiri cukup leluasa untuk menyambutnya dengan tandukan tajam untuk menjebol gawang Wales.

Baca juga: Calvert-Lewin ungkap resep awal musim sempurna Everton

Debutan Inggris lainnya, Bukayo Saka sebetulnya juga berpeluang mencetak gol dalam situasi sepak pojok tetapi ruang tembaknya tertutup rapat pada menit ke-38 dan bola muntah yang disambar Conor Coady masih melambung di atas mistar gawang.

Delapan menit memasuki babak kedua, Coady sukses menyambut tendangan bebas Kieran Trippier dengan sepakan voli untuk memaksa kiper Wayne Hennessey memungut bola kembali dari dalam gawangnya.

Gol penutup kemenangan Inggris dicetak oleh Danny Ings dengan tembakan akrobatik menyambut umpan sundulan dari Tyrone Mings.

Baca juga: Grealish ingin dapat kesempatan untuk buktikan diri di timnas Inggris
Baca juga: Maguire kembali masuk timnas Inggris, saat Greenwood dan Foden dicoret


Inggris sebetulnya memiliki sejumlah peluang lagi untuk menambah kemenangan tetapi tembakan-tembakan mereka gagal berbuah gol lagi.

Pun demikian, kemenangan 3-0 atas Wales jelas jadi suntikan motivasi bagi Inggris yang akan melanjutkan kiprah mereka di UEFA Nations League Divisi A Grup 2 (A2) dengan menjamu Belgia pada Minggu (11/10) dan Denmark tiga hari kemudian.

Terlebih lagi, Belgia yang juga main dalam laga persahabatan dalam waktu bersamaan hanya meraih hasil imbang 1-1 melawan Pantai Gading di Brussels.

Keunggulan Belgia yang diraih lewat Michy Batshuyai pada menit ke-53 dihapuskan oleh Pantai Gading melalui eksekusi penalti Franck Kessie tiga menit jelang bubaran waktu normal.

Sementara itu dalam pertandingan persahabatan lain yang berlangsung lebih awal, Rusia menelan kekalahan 1-2 dari tamunya Swedia di VEB Arena, Moskow.

Baca juga: Courtois tinggalkan skuad Belgia karena cedera
Baca juga: Portugal bermain sama kuat dengan Spanyol

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020