Jakarta (ANTARA) - Alumni Akademi Angkatan Bersenjata (AKABRI) 1989 atau Altar 89 menggelar bakti sosial dalam rangka HUT TNI ke-75 dengan membagikan alat kesehatan dan asuransi kesehatan dalam penanganan pandemi COVID-19 kepada para tenaga medis.

Bakti sosial tersebut diinisiasi oleh Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto, bersama alumni Altar 89, diantaranya Ketua Altar 89 Mayjen TNI Rudianto, Ketua Desta 89 Brigjen TNI Mochammad Hasan, Ketua Dharana Lastarya 89 Irjen Pol Risyapudin, Ketua Morogama 89 Laksda TNI Coky Hutabarat, dan Ketua Icarus 89 Marsma TNI Eding Sungkana.

"Dalam menghadapi situasi sulit akibat dampak pandemi COVID-19 yang melanda indonesia, Altar 89 sejak bulan Juni lalu sampai dengan hari ini berupaya untuk berbuat untuk membantu masyarakat," ujar Komjen Agus dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Adapun penyerahan bantuan secara simbolis kepada Wakil Ketua I Pelaksana Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa dan Wakil Ketua II Pelaksana Komite PC-PEN Wakapolri Komjen Pol. Gatot Edi Pramono dilaksanakan di Markas Besar TNI Angkatan Darat, Jakarta Pusat, Kamis.

Baca juga: Altar 89 bagikan 12 ribu sembako warga terdampak pandemi di Bogor

Sebanyak 10.000 alat pelindung diri BSL 3, 15.000 masker medis, 10.000 masker KN 95, 20.000 strip vitamin, 26.550 kaleng susu, 57.000 biskuit, 623.000 sachet madu, dan 10.000 sarung tangan latex dibagikan untuk tim medis dalam upaya percepatan penanganan COVID-19 di Indonesia.

Selain itu, dalam kegiatan bertajuk "Pengabdian TNI-Polri AKABRI 89, Kesehatan Pulih, Ekonomi Bangkit" tersebut, Altar 89 juga memberikan premi asuransi kepada anggota tim medis percepatan penanganan COVID-19 dari unsur TNI/Polri sebagai dukungan kepada garda terdepan dalam menanggulangi pandemi di Tanah Air.

Agus mengatakan bantuan peralatan ini diharapkan dapat membantu tenaga medis dalam bekerja sebagai garda terdepan dalam upaya mencegah penularan penyakit yang disebabkan oleh virus SARS Cov2 tersebut.

"Mudah-mudahan akan memberikan semangat kepada mereka dalam memberikan pelayanan medis kepada masyarakat," ucap Agus.

Baca juga: Dukung ketahanan pangan Alumni Akabri 89 tanam jagung 340 ha

Sementara Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Alumni Akabri 89 tersebut.

Jenderal bintang empat itu berharap kegiatan bakti kesehatan dan bakti sosial tersebut terus dilakukan dalam membantu masyarakat yang terhimpit beban ekonomi di tengah pandemi COVID-19.

"Pemberian peralatan kepada sasaran-sasaran yang kita anggap membutuhkan itu sangat membantu, saya mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Altar 89," ujar Andika.

Andika melanjutkan, bantuan peralatan medis yang diberikan oleh Altar 89 ini bisa bermanfaat bagi tenaga kesehatan dalam menjalankan tugasnya sebagai garda terdepan percepatan penanganan COVID-19.

"Kita akan menghadapi COVID-19 dalam jangka waktu lama, sehingga kontribusi dari filantropis Indonesia termasuk rekan Altar 89 ini pasti akan sangat menyentuh dan lebih dirasakan," jelas dia.

Sebelumnya, Altar 89 juga telah memberikan 12.000 paket sembako dan masker kepada masyarakat di seluruh Indonesia.

Baca juga: Alumni AKABRI 1989 salurkan 10.000 paket sembako

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2020