Hasil tes usap puluhan wartawan Bogor negatif COVID-19, sebut Dinkes

Hasil tes usap puluhan wartawan Bogor negatif COVID-19, sebut Dinkes

Suasana tes usap wartawan di lobi DPRD Kabupaten Bogor, Jawa Barat, di Cibinong, Senin (28/9/2020). (FOTO ANTARA/M Fikri Setiawan)

Cibinong, Bogor (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor, Jawa Barat merilis hasil tes usap puluhan wartawan dengan hasil negatif COVID-19 setelah sempat kontak erat dengan Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto yang terkonfirmasi positif.

"Hasilnya saya ambil Selasa (6/10) malam, dan hasil tes usap teman-teman wartawan semuanya negatif COVID-19,"  kata Kepala Dinkes Kabupaten Bogor, drg Mike Kaltarina, MARS, saat dihubungi di Cibinong, Rabu (7/10) 2020.

Ketua Kelompok Wartawan (Pokwan) DPRD Kabupaten Bogor Saeful Ramadhan menyebutkan bahwa hasil tes usap tersebut menjadi informasi melegakan bagi wartawan yang sudah sembilan hari mengisolasi diri.

"Terima kasih kepada teman-teman pokwan yang dengan sadar mengambil sikap untuk mengisolasi diri, membatasi interaksi. Karena kita tidak tahu apakah kita terpapar atau tidak, maka berhati-hati itu pilihan yang paling baik," katanya.

Baca juga: DPRD Jabar kecewa Dinkes Bogor tak fungsikan PCR bantuan provinsi

Baca juga: Agar penanganan COVID-19 maksimal, Dinkes disentil Bupati Bogor

Menurut dia sebanyak 24 wartawan yang menjalani tes usap pada 28 September 2020 sempat dinyatakan nonreaktif dari hasil tes cepat yang dilaksanakan secara massal pada Sabtu (26/9).

Sebelumnya, Ketua DPRD Kabupaten Rudy Susmanto sempat hadir dalam kegiatan "Ruang Jurnalisme Kelompok Wartawan" yang digelar oleh Pokwan DPRD Kabupaten Bogor pada Kamis (24/9), atau satu hari setelah dirinya menjalani tes usap.

Tidak hanya itu, pada Jumat (25/9) pagi sebelum dinyatakan positif COVID-19, Rudi sempat memimpin rapat paripurna dengan tiga agenda pembahasan, yaitu penyampaian nota keuangan dan rancangan perubahan APBD 2020, perubahan program pembentukan daerah tahun 2020, serta penyampaian raperda usul prakarsa DPRD tentang perangkat desa.

Baca juga: Ketua DPRD Bogor positif COVID-19, paripurna APBDP digelar virtual

Baca juga: Kontak erat ketua DPRD Bogor, 24 wartawan jalani tes usap

Baca juga: Sempat jabat tangan Ketua DPRD Bogor, Wabup negatif COVID-19

Baca juga: Gedung DPRD Bogor disterilisasi usai ketua dewan positif COVID-19
Pewarta : M Fikri Setiawan
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020