Jakarta (ANTARA) - Pelatih kepala tim nasional Jerman, Joachim Loew, menyerukan pentingnya pola rotasi yang tepat di tengah kepadatan jadwal semusim ini yang terpaksa terjadi karena situasi pandemi COVID-19.

Hal itu, kata Loew, penting dilakukan bukan saja oleh timnas Jerman tetapi juga klub-klub negara itu agar bisa tampil di level performa terbaik.

"Bagi pemain musim ini akan sangat ketat dan tak biasa. Kita tidak pernah mengalami musim semacam ini sebelumnya," kata Loew dalam jumpa pers yang dilansir oleh Reuters, Selasa malam.

Baca juga: Kroos: karier Thomas Muller di timnas Jerman sudah selesai

Kompetisi di Jerman terdampak pandemi COVID-19 sehingga jadwal libur musim dingin terpangkas lebih singkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Oleh karena itu, rotasi juga dinilai Loew penting bagi Jerman yang bakal tampil di putaran final Euro 2020 tahun depan, untuk melunasi kekecewaan di Piala Dunia dua tahun lalu.

"Kita semua harus bisa memilah, melakukan rotasi agar pemain bisa secara stabil berada di level perfoma tertinggi hingga turnamen tahun depan," katanya.

"Jika tidak berhati-hati, kita tidak akan menjalani tahun depan yang menyenangkan," ujar Loew menambahkan.

Jerman akan menghadapi Turki dalam laga persahabatan pada Rabu sebelum melanjutkan kiprah di Divisi A Grup 4 UEFA Nations League 2020/21 dengan bertolak ke Ukraina pada 10 Oktober dan menjamu Swiss tiga hari berselang.

Laga persahabatan kontra Turki akan dihadiri tidak lebih dari 300 penonton di tribun Stadion RheinEnergie, Cologne, lantaran lonjakan kasus infeksi COVID-19 di wilayah tersebut.

Baca juga: Pemain Bayern dan Leipzig dipanggil lagi bela Jerman di Nations League

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020