Jakarta (ANTARA) - Ahli patologi klinis dari Universitas Sebelas Maret (UNS) dr Tonang Dwi Ardyanto, PhD mengatakan saat pandemi COVID-19 yang terpenting adalah bagaimana masyarakat menggunakan sesuai dengan kondisinya serta disiplin dan taat menggunakan masker.

"Gunakan masker sesuai dengan kondisi. Selain itu yang tak kalah penting lagi adalah kedisiplinan dan ketaatan dalam menggunakan masker yang benar. Ini lebih menentukan efeknya," ujar Tonang saat dihubungi di Jakarta, Selasa.

Tonang menjelaskan sesuai dengan rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, masker yang digunakan sebaiknya tiga lapis. Bahkan laporan jurnal menyebutkan tiga lapis yang berbeda bahannya, karena sifatnya tidak hanya untuk penyaringan.

"Tetapi juga untuk sifat elektrostatis yang terjadi antarbahan berbeda tersebut," kata dia.

Sementara untuk di tempat umum atau kerumunan maupun di rumah sakit, maka masker yang digunakan minimal masker medis atau bedah.

"Tentunya masyarakat diharapkan dapat menggunakan masker yang memenuhi rekomendasi WHO tadi, yakni tiga lapis untuk masker kain," ujar dia.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Prof Ari F Syam mengatakan pada prinsipnya yang dianjurkan adalah menggunakan masker yang tiga lapis.

"Kalau yang umum itu, yaitu masker bedah. Namun masalahnya maskernya terbatas. Jadi kalaupun menggunakan masker, yaitu harus yang tiga lapis itu," katanya.

Ari menjelaskan penggunaan masker tersebut tergantung pada kebutuhannya dan dimana masker itu digunakan. Misalnya jika di rumah sakit, maka harus menggunakan masker bedah. Sementara jika hanya sebentar bertemu dengan orang lain, maka dapat menggunakan masker kain tiga lapis.

Baca juga: Dokter paru: Penggunaan setiap jenis masker terkait risiko penularan

"Tetap harus menggunakan masker tiga lapis, karena kalau satu lapis perlindungannya kurang," kata Ari.

Baca juga: PMI gaungkan pentingnya penggunaan masker cegah COVID-19

Pemerintah melalui Satgas COVID-19 mengampanyekan #ingatpesanibu. Melalui kampanye tersebut, pemerintah berharap masyarakat dapat mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Baca juga: Akademisi: Kampanye penggunaan masker harus terus digencarkan

Terdapat tiga hal dalam kampanye #ingatpesanibu dari #satgascovid19 itu adalah 3M yakni memakai masker atau #ingatpesanibumemakaimasker, menjaga jarak, serta mencuci tangan dengan sabun dan menjauhi kerumunan.

#satgascovid19

Pewarta: Indriani
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2020