Syarief Hasan ingatkan pemuda Indonesia agar berkarakter Pancasila

Syarief Hasan ingatkan pemuda Indonesia agar berkarakter Pancasila

Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan mengingatkan bahwa pemuda dan pemudi Indonesia yang merupakan harapan bangsa di masa kini dan di masa yang akan datang harus berkarakter Pancasila.

"Hal tersebut sangat penting dan harus dimulai sejak dini. Sebab dalam diri pemuda tersimpan potensi besar yang bisa menjadi kekuatan jika terus dikembangkan dengan baik," kata Syarief Hasan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin

Pernyataan Syaris Hasan ini saat melakukan sosialisasi Empat Pilar MPR dengan komunitas Pasukan Kang H Anton S Suratto (PASKHASS).

Baca juga: MPR ajak komponen bangsa ingat perjalanan Pancasila

Menurut dia, potensi yang dimiliki generasi muda adalah pantang menyerah, tidak ragu-ragu dan konsisten. Potensi itu disebutnya penting untuk mengangkat bangsa apabila digunakan untuk menyuarakan persatuan, keadilan dan kemanusiaan dalam setiap kesempatan.

Namun, Syarief menilai masih banyak generasi muda yang kurang memaksimalkan potensi karena tidak percaya diri, takut salah dan takut gagal. Hal tersebut, menurut dia, dapat dikikis dengan pengalaman yang didapat seiring waktu usia bertambah.

Baca juga: Anggota MPR: Ulama turut andil dalam perumusan Pancasila

"Nah, untuk itu harus banyak-banyak latihan atau melihat contoh-contoh bagus. Jangan berat-berat, dari hal yang sederhana saja seperti menghafal Pancasila," tutur politisi senior itu.

Syarief Hasan juga berpesan agar anak-anak muda tetap rajin dalam menuntut ilmu pengetahuan dan tetap konsisten menyelaraskan intelektualitas dengan nilai-nilai dalam Pancasila. Dengan begitu, diharapkan para pemuda dan pemudi akan tumbuh sebagai manusia Indonesia yang mampu menjawab berbagai permasalahan bangsa ke depan.

Baca juga: Bambang Soesatyo ingatkan pentingnya mahasiswa jaga Pancasila
Pewarta : Dyah Dwi Astuti
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2020