Kendari (ANTARA) - Tim Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Sulawesi Tenggara (Sultra) menyampaikan bahwa pasien sembuh di provinsi itu bertambah menjadi 2.145 orang per 5 Oktober 2020.

Juru Bicara (Jubir) Satgas COVID-19 Sultra, La Ode Rabiul Awal di Kendari, Senin, mengatakan pasien sembuh hari ini tercatat hanya sebanyak 86 orang berasal dari dua kota dan empat kabupaten.

"Rincian pasien sembuh dari COVID-19 di Sulawesi Tenggara pada hari ini Kendari 61 orang, Muna empat orang, Baubau 10 orang, Buton Tengah tujuh orang dan masing-masing dua orang dari Konawe dan Bombana," kata Rabiul.

Dia juga menyampaikan bahwa hari ini Sultra memiliki penambahan kasus positif, sebanyak tiga orang dengan rincian Kota Kendari dua orang dan Konawe satu orang, sehingga total kasus konfirmasi positif COVID-19 menjadi 3.065 orang.

Baca juga: Di Sultra, pasien meninggal COVID-19 bertambah jadi 62 orang

Baca juga: Pasien sembuh COVID-19 di Sultra 2.043 dari 3.030 kasus


Pria yang akrab disapa Dokter Wayong ini juga menuturkan bahwa kasus meninggal di provinsi itu juga bertambah satu orang laki-laki (69) berasal dari Kota Kendari, sehingga total kasus meninggal akibat COVID-19 di Sultra menjadi 63 orang.
 
Data kasus COVID-19 di Sultra per 5 Oktober 2020. (Sumber: Satgas COVID-19 Sultra). (ANTARA/Harianto)


Sebaran 63 kasus meninggal COVID-19 di Sultra, yakni Kota Kendari menjadi 26 orang, Baubau 13 orang, Kabupaten Muna lima orang, Buton empat orang, Kolaka Utara dua orang, Buton Selatan satu orang, Konawe Selatan dua orang, Buton Utara satu orang, Kolaka tiga orang, Bombana satu orang, Muna Barat satu orang, Kolaka Timur satu orang dan Konawe tiga orang.

"Sementara pasien COVID-19 yang saat ini tengah menjalani perawatan isolasi maupun karantina di Sultra sebanyak 857 orang," ungkap Wayong.

Ia mengimbau seluruh masyarakat agar disiplin menjalankan protokol kesehatan saat menjalankan aktivitas di tengah kebiasaan baru, yakni memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun, guna mencegah penularan dan menekan angka kasus COVID-19 di provinsi itu yang kian hari semakin bertambah.*

Baca juga: Pasien sembuh dari COVID-19 di Sultra bertambah menjadi 2.035 orang

Baca juga: Awal Oktober, pasien sembuh COVID-19 di Sultra menjadi 1.947 orang

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020