Pemenang Scroll of Honour-UN Habitat apresiasi karya anak Surabaya

Pemenang Scroll of Honour-UN Habitat apresiasi karya anak Surabaya

Para pemenang Scroll of Honour-UN Habitat memberikan apresiasi atas karya anak-anak muda yang tergabung dalam Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2020 di Balai Kota Surabaya, Senin (5/10/2020). ANTARA/HO-Humas Pemkot Surabaya/Yanuar S.P/am.

Surabaya (ANTARA) - Pemenang Scroll of Honour-UN Habitat memberikan apresiasi atas karya anak-anak muda yang tergabung dalam Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup 2020 di Balai Kota Surabaya, Jawa Timur, Senin.

Presiden Tunas Hijau Surabaya Mochamad Zamroni menjelaskan satu persatu karya dan proyek Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup itu kepada para tamu perayaan global Hari Habitat Dunia atau World Habitat Day dan pemenang Scroll of Honour-UN Habitat.

Baca juga: Pemkot Surabaya fasilitasi swab gratis bagi tamu World Habitat Day

Baca juga: Surabaya jadi tuan rumah perayaan Hari Habitat Dunia


"Jadi, tadi saya jelaskan bahwa anak-anak Surabaya ini secara berkelanjutan dan terus menerus melakukan aksi-aksi yang peduli terhadap lingkungannya. Bahkan, aksi mereka itu sangat terukur," kata Zamroni ditemui usai bertemu Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan para pemenang itu.

UN-Habitat Scroll of Honour adalah penghargaan yang diberikan kepada orang yang bekerja dalam bidang urbanisasi yang mempunyai kontribusi luar biasa terhadap perkembangan dan memperbaiki kehidupan perkotaan, mengelola pemukiman dan mengangkat kehidupan masyarakat miskin serta memastikan tidak ada seorang pun yang tertinggal.

Adapun lima pemenang UN-Habitat Scroll of Honour tahun ini berasal dari Uganda, Malaysia, Nepal, Kolombia, dan Meksiko.

Pada kesempatan itu, tidak hanya dijelaskan tentang ide dan proyek mereka, tapi juga ditunjukkan hasil dari aksi nyata mereka dalam menunjukkan kepeduliannya kepada lingkungannya. Salah satu yang dipamerkan kala itu adalah tanaman kelor, tas daur ulang dan beberapa barang lainnya yang merupakan hasil dari proyek nyata mereka.

"Jadi, mereka ini tidak hanya berbicara di tataran ide, namun langsung eksekusinya di lapangan nyata dan ada," ujar Zamroni.

Zamrono mengatakan para pemenang Scroll of Honour memberikan pesan kepada Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup itu untuk selalu semangat dan terus peduli lingkungan. Salah seorang pemenang juga meminta Pangeran dan Putri Lingkungan Hidup itu menghimpun anak-anak se-usia mereka untuk terus peduli terhadap lingkungannya masing-masing.

Baca juga: Surabaya jadi tuan rumah Peringatan Hari Habitat Dunia 2020

Baca juga: Kota Surabaya diusulkan masuk pemetaan CPI Global UN-Habitat


Sementara itu, Dubes Mexico untuk Indonesia Armando Gonzalo Alvares Reina kagum dengan prestasi dan proyek mereka, sebab mereka masih muda tapi sudah peduli lingkungan.

"Selamat, kamu hebat. Anak-anak muda sudah bisa berbuat banyak untuk lingkungan. Sementara yang tua aja masih kadang merusak. Jadi tolong diingatkan juga untuk yang tua," katanya kepada anak-anak itu.

Sebagai informasi, Kota Surabaya telah dinobatkan menjadi tuan rumah perayaan global Hari Habitat Dunia yang dimulai pada Senin malam ini. Acara internasional yang selalu digelar tiap hari Senin pertama di Bulan Oktober ini bekerja sama dengan UN-Habitat, badan PBB yang bergerak di bidang pemukiman dan pembangunan kota berkelanjutan.
Pewarta : Abdul Hakim
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020