Sepekan, kebijakan isolasi mandiri hingga antisipasi banjir Jakarta

Sepekan, kebijakan isolasi mandiri hingga antisipasi banjir Jakarta

Pintu utama masuk Graha Wisata Ragunan yang ditunjuk sebagai tempat penampungan pasien isolasi mandiri COVID-19, Jumat (2/10/2020) (ANTARA/HO-Graha Wisata Ragunan)

Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa di wilayah Jakarta terjadi pada Senin (28/9) sampai Jumat (2/10) disiarkan ANTARA dan masih layak Anda baca kembali untuk informasi akhir pekan ini.

1. BPS DKI ungkap biaya perguruan tinggi turut sebabkan inflasi Jakarta

Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta mengungkapkan bahwa biaya perguruan tinggi turut menyebabkan inflasi di Jakarta pada September 2020 ini sebesar 0,02 persen.

"Karena setiap tahun ajaran baru akan ada kenaikan biaya yang ditetapkan.Tidak terkecuali biaya pada tingkat akademi/perguruan tinggi," kata Kepala BPS DKI Buyung Airlangga dalam keterangannya, di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya baca disini

2. Anies galang kekuatan dengan TNI-Polri antisipasi banjir

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggalang kekuatan bersama dengan TNI dan Polri untuk mengantisipasi bencana banjir, mengingat saat ini Ibukota sudah memasuki musim penghujan.

"Pagi hari ini kita baru saja selesai apel tanggap bencana banjir unsur Polda TNI dan Pemprov DKI Jakarta. Kita memperkuat kekompakan, bahu-membahu saling dukung, serta memastikan perlindungan di Ibu Kota berlangsung dengan baik," kata Anies di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca disini

3. DKI perbolehkan isolasi mandiri di rumah, ini 16 syaratnya

Pemprov DKI Jakarta akhirnya memperbolehkan warganya melakukan isolasi mandiri di rumah dengan 16 persyaratan, meski sebelumnya sempat berwacana untuk mengharuskan isolasi secara terpusat dan terkendali di fasilitas pemerintah.

Ke-16 syarat menjalani isolasi mandiri di rumah itu, tercantum dalam Keputusan Gubernur (Kepgub) DKI Jakarta Nomor 980 Tahun 2020 tentang Prosedur Pengelolaan Isolasi Terkendali Dalam Rangka Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) yang ditetapkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 22 September 2020.

Selengkapnya baca disini

4. DKI bersinergi terkait warga cari tempat hiburan di wilayah penyangga

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebutkan, pihaknya terus bersinergi dengan instansi terkait sehubungan ramainya warga Ibu Kota yang mencari tempat hiburan atau nongkrong ke wilayah penyangga seperti Bekasi, Tangerang, Depok dan Bogor.

Menurut Riza, hal itu yang menyebabkan kepadatan di daerah-daerah tersebut. Itu juga merupakan suatu konsekuensi ketika Jakarta memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ketat dengan ketentuan tidak diperbolehkan restoran, kafe atau tempat nongkrong beroperasi.

Selengkapnya baca disini

5. Anies bentuk Tim Pinjaman PEN koordinir proyek pembangunan Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membentuk Tim Pinjaman dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dari pemerintah pusat melalui PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) Persero sebesar Rp12,5 triliun untuk mengkoordinir proyek pembangunan di Jakarta yang terdampak COVID-19.

Hal tersebut termaktub melalui Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 986 Tahun 2020 yang ditandatangani pada 24 September 2020 yang dipantau di Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca disini
Pewarta : Fauzi
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020