Secara resmi Waterpark Hairos ini kami tutup sejak Jumat, 2 Agustus 2020
Medan (ANTARA) - Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Sumatera Utara menutup sementara objek wisata Hairos Waterpark di Kecamatan Pancurbatu, Kabupaten Deli Serdang menyusul adanya pesta kolam renang di lokasi itu yang divideokan dan viral di media sosial.
 
"Secara resmi Waterpark Hairos ini kami tutup sejak Jumat, 2 Agustus 2020," kata Wakil Ketua Satuan Tugas Pengendalian Protokol Kesehatan COVID-19 Medan-Binjai-Deli Serdang (Mebidang) Kolonel Azhar Mulyadi di Medan, Jumat.

Baca juga: IDI: Dokter spesialis bedah anak di Medan langka akibat COVID-19
 
Ia mengatakan penutupan dilakukan karena pengelola wahana bermain air tersebut dinilai mengabaikan protokol kesehatan.
 
"Karena itu, kami mengimbau kepada para pelaku usaha untuk tidak melanggar protokol kesehatan saat menjalankan usahanya di masa pandemi COVID-19," katanya..
 
Dari hasil penyelidikan, kata Azhar, pihaknya menemukan perkiraan orang dalam video viral tersebut mencapai 750 orang. Ratusan orang itu menggelar pesta tanpa menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Seorang dokter spesialis bedah anak di Medan meninggal akibat COVID-19

Baca juga: Pekerja kawasan industri di Batam diminta patuh protokol kesehatan
 
Temuan ini menjadi bukti kuat gugus tugas untuk memberikan tindakan tegas berupa penutupan lokasi usaha tersebut.
 
"Ini sudah melanggar aturan yang tercantum dalam perda maupun pergub terkait penerapan protokol kesehatan. Yang bersangkutan (pengelola) juga sedang diperiksa di Polrestabes Medan," ucapnya.
 
Sebelumnya, sebuah video pesta kolam di Hairos Waterpark viral di media sosial. Dalam video itu terlihat ratusan orang tampak berpesta dan berjoget di area kolam renang tanpa menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Baca juga: Seorang bayi lima bulan di Bangka terinfeksi COVID-19

Baca juga: 124 pasien positif COVID-19 di Gunungsitoli dinyatakan sembuh
 
 
 

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020