Jakarta (ANTARA) - Batik memiliki beragam motif yang sesuai dengan ciri khas daerahnya masing-masing, saking uniknya banyak orang yang di luar Indonesia yang tertarik mengenakan busana bermotif batik termasuk para idol K-Pop.

Beberapa idola K-Pop terlihat mengenakan batik, menariknya busana yang mereka kenakan tersebut bukan pada saat menggelar pertunjukan di Indonesia.

Dalam rangka merayakan Hari Batik Nasional, berikut ini adalah beberapa nama idola K-Pop yang pernah mengenakan busana batik, dihimpun dari berbagai sumber.
Kai EXO (ANTARA/Ho)


Kai EXO

Pemilik nama asli Kim Jongin ini terlihat mengenakan baju batik saat tampil di acara SBS Inkigayo. Kai menggunakan batik cokelat yang dipadukan dengan outer transparan berwarna hitam.

Baca juga: Lenka ternyata suka batik
Sehun EXO (ANTARA/Ho)


Sehun EXO

Pemilik nama asli Oh Sehun ini sepertinya menyukai produk-produk yang berasal dari Indonesia. Selain mengenakan batik saat tampil di SBS Inkigayo, dia juga pernah tertangkap kamera menggunakan boclxer dan topi bermotif batik.

Sehun juga pernah memakai sendal jepit bermerek swallow dan kaus Damn! I Love Indonesia.
Suga BTS (ANTARA/Ho)


Suga BTS

Anggota grup idola K-Pop BTS, Suga atau Min Yoon-gi ini pernah membagikan foto dirinya mengenakan kemeja bermotif batik. Kabarnya kemeja ini didapatnya dari seorang penggemar yang berasal dari Indonesia.
RM BTS, Ansel Elgort dan V BTS (ANTARA/Ho)


V BTS

Anggota grup idola BTS lain yang juga terlihat mengenakan batik adalah V atau Kim Tae-hyung. Dalam sebuah foto yang diunggah oleh aktor Hollywood Ansel Elgort dalam kunjungannya ke Korea Selatan, terlihat V sedang berfoto dengan dirinya mengenakan batik berwarna cokelat.
Tiffany eks SNSD (ANTARA/Ho)


​​​​​​​Tiffany eks SNSD

Tiffany terlihat mengenakan dress bermotif batik saat menghadiri acara Burberrt Prorsum Fashion Show 2012 di London.
Seohyun SNSD (ANTARA/Ho)


​​​​​​​Seohyun SNSD

Datang bersama Tiffany di acara Burberrt Prorsum Fashion Show 2012 di London, Seohyun juga menggunakan busana bermotif batik hitam dan oranye.
Kwon Hyun Bin eks BJB (ANTARA/Ho)


​​​​​​​Kwon Hyun Bin eks BJB

Hyun Bin pernah melakukan pemotretan dengan mengenakan kemeja batik untuk majalah W. Motif kemeja ini mirip dengan yang digunakan oleh Suga BTS, berwarna abu-abu dengan motif warna biru navy.
Luhan eks EXO (ANTARA/Ho)


​​​​​​​Luhan eks EXO

Pada 2012, Luhan bersama beberapa anggota EXO-M melakukan pemotretan untuk majalan Men's Health China. Di antara para anggota yang lain, hanya Luhan yang mengenakan kaos batik dengan motif kipas.

Baca juga: Adaptasi cerdik perancang batik dalam kondisi "mencekik"

Baca juga: Kemendikbud: Eksistensi batik meluas karena bernilai universal

Baca juga: Rayakan Hari Batik Nasional, Google padukan batik dan digitalisasi

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020