HUT DPD, La Nyalla: DPD siap jembatani aspirasi daerah ke pusat

HUT DPD, La Nyalla: DPD siap jembatani aspirasi daerah ke pusat

Ketua DPR RI Puan Maharani (tengah) menghadiri acara Talkshow Obrolan Senator (Obras) dalam rangka Peringatan HUT DPD RI, di Jakarta, Kamis. (Istimewa)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia La Nyalla Mattaliti mengatakan DPD RI siap menjembatani aspirasi daerah ke pemerintah pusat, serta sekaligus memberi peran yang lebih besar kepada daerah.

La Nyalla pun meluncurkan slogan baru di hari ulang tahun ke-16 DPD RI yaitu "Dari Daerah Untuk Indonesia".

"Setiap provinsi memiliki empat anggota DPD RI yang selalu siap mendengar keluhan atau masalah masyarakat di daerah. Setiap Provinsi kami juga memiliki kantor daerah. Jadi masyarakat jangan ragu-ragu menyampaikan masalah atau aspirasi daerah. Kami siap akan menjembatani ke pusat,” ujar La Nyalla dalam acara puncak peringatan HUT DPD RI ke-16 di Senayan, Jakarta, Kamis.

Puncak acara HUT juga dihelat acara ‘Obrolan Senator’ (Obras) dengan tema DPD RI Sebagai Produk dan Pengawal Reformasi Mengemban Tanggung Jawab Demi Terjaminnya Penguatan Otonomi Daerah. 

Baca juga: Wapres minta DPD dorong pemda realisasikan penyerapan belanja daerah
Baca juga: HUT DPD, Wapres tegaskan pemekaran daerah masih moratorium
Baca juga: HUT DPD, Ketua MPR ajak Ketua DPR panggil Ketua DPD dengan sapaan Om
Baca juga: Puan ajak DPD gotong royong jalankan mandat rakyat


La Nyalla menilai perjuangan DPD RI dari masa ke masa semakin kuat. Apa lagi saat ini DPD RI dibantu oleh DPR RI dan MPR RI.

"Kami sebagai orang daerah akan membawa aspirasi ke pusat,” katanya dalam acara tersebut.

Pada acara Obras itu, La Nyalla tampil bersama Ketua DPR RI Puan Maharani dan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Mereka bertiga saling bertukar canda juga harapan untuk kemajuan lembaga negara yang berdiri sejak reformasi itu.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo berharap ke depan DPD RI bisa terus memperjuangkan aspirasi kepentingan daerah.

Apalagi, DPD RI mempunyai peran penting dalam meningkatkan perekonomian dan infrastruktur daerah.

DPD RI juga diharapkan hadir di tengah-tengah kegentingan yang terjadi di daerah.

“DPD RI juga harus terus mengawal otonomi daerah seperti di Papua. Justru dalam hal ini DPD RI harus mengambil langkah penting terhadap masalah di Papua,” kata Bamsoet.

Di kesempatan yang sama, Ketua DPR RI Puan Maharani berharap dalam menjalankan amanat dan konstitusi, DPD RI bisa menyelesaikan tugas-tugasnya di daerah lebih baik lagi.

Selain itu, ke depan DPD RI juga bisa mencermati sumber daya alam di daerah dalam arti dana bagi hasil.

"Jika DPD RI bisa mencermati hal itu, maka DPD RI bisa lebih kuat lagi. Tentunya DPD RI juga harus memiliki sinergitas yang kuat dengan pusat,” paparnya.

Secara virtual, acara Obras itu disiarkan melalui kanal Youtube Kabar Senator dan Zoom. Pada peringatan HUT DPD RI ke-16 itu, Anggota DPD RI Stefanus BAN Liow asal Provinsi Sulawesi Utara, Anggota DPD RI Provinsi Banten Ali Ridho Azhari, Anggota DPD RI Provinsi DKI Jakarta Fahira Idris, Anggota DPD RI Provinsi Bali Anak Agung Gde Agung, dan Anggota DPD RI Provinsi Gorontalo Rahmijati Jahja juga tampak membagi-bagikan bantuan sosial kepada masyarakat berupa sembako, masker, dan hand sanitizer.
Pewarta : Abdu Faisal
Editor: M Arief Iskandar
COPYRIGHT © ANTARA 2020