Enam nakes positif COVID-19, puluhan warga Mukomuko dites usap

Enam nakes positif COVID-19, puluhan warga Mukomuko dites usap

Petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko , Provinsi Bengkulu, Rabu (30/9/2020) melakukan pengambilan sampel usap warga yang kontak erat dengan tenaga kesehatan yang positif COVID-19. (FOTO ANTARA/Humas Pemkab Mukomuko)

Mukomuko, Bengkulu (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko ,Provinsi Bengkulu menyatakan sebanyak 50 orang warga daerah itu menjalani tes usap (swab), Rabu (30/9) 2020 setelah enam orang tenaga kesehatan (nakes) di Puskesmas Pondok Suguh dinyatakan positif COVID-19.

“Hari ini pengambilan sampel usap pertama terhadap 50 orang yang terdiri atas keluarga dari enam tenaga kesehatan yang positif COVID-19 dan orang yang kontak erat dengan tenaga kesehatan di Gedung Serba Guna Desa Pondok Suguh,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Bustam Bustomo di Mukomuko, Rabu.

Sebanyak 28 orang yang terdiri atas  enam tenaga kesehatan, satu anggota DPRD dan warga di Desa Tunggang, Kecamatan Pondok Suguh dinyatakan positif COVID-19 setelah kontak erat dengan pasien nomor dua di daerah ini.

Petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan setempat sebelumnya telah mengambil sampel usap terhadap mayoritas dari sebanyak 25 anggota DPRD setempat setelah salah seorang anggota lembaga ini positif COVID-19.

Ia mengatakan, selanjutnya pengambilan sampel usap kedua terhadap 50 orang warga di wilayah ini yang kontak erat dengan tenaga kesehatan di Puskesmas Pondok Suguh dilaksanakan pada hari berikutnya.

“Kegiatan pengambil sampel swab terhadap puluhan orang ini dilaksanakan sejak Rabu pagi hingga pukul 13.38 WIB dan kegiatan ini akan dilanjutkan besok (Kamis, 1/10) untuk pengambil usap yang kedua,” katanya.

Ia mengatakan, setelah pengambilan sampel usap terhadap puluhan warga dan keluarga dari tenaga kesehatan di Puskesmas Pondok Suguh yang positif COVID-19, dilanjutkan dengan pengambilan sampel usap terhadap keluarga dari puluhan orang warga Desa Tunggang yang dinyatakan positif COVID-19.

Sementara itu Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 tingkat Kabupaten Mukomuko hingga tingkat kecamatan dan desa sampai sekarang masih melakukan penelusuran riwayat kontak sebanyak 28 orang warga Desa Tunggang, Kecamatan Pondok Suguh yang dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19, demikian Bustam Bustomo.

Baca juga: Satu anggota positif, mayoritas legislator Mukomuko-Bengkulu tes usap

Baca juga: Pemprov Bengkulu terima dana insentif nakes tangani corona Rp800 juta

Baca juga: Orang kontak pasien reaktif COVID-19 di Mukomuko-Bengkulu ditelusuri

Baca juga: Dinkes Mukomuko lakukan upaya preventif virus corona


 
Pewarta : Ferri Aryanto
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020