Rektor IPB: Festival Genus ajang pertunjukan kebudayaan daerah

Rektor IPB: Festival Genus ajang pertunjukan kebudayaan daerah

Festival budaya Gebyar Nusantara (Genus) 2020 Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) IPB University . (FOTO ANTARA/Humas IPB)

Jakarta (ANTARA) - Rektor IPB University Prof Dr Arif Satria mengatakan festival budaya Gebyar Nusantara (Genus) 2020 yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) IPB University merupakan ajang pertunjukan kebudayaan mahasiswa dari berbagai daerah.

"Genus hadir sebagai wadah dan bentuk apresiasi kepada para mahasiswa IPB University untuk menunjukkan kebudayaan yang ada di daerah asalnya masing-masing," katanya melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan pagelaran Genus ini tidak semata-mata sekadar penampilan tetapi para penonton serta mahasiswa yang tampil juga bisa menghayati konteks kebudayaan atau makna dari penampilan itu.

Sebab, katanya, setiap penampilan atau karya seni dari daerah memiliki filosofi dan memiliki makna yang penting sebagai bekal untuk kehidupan.

Menurutnya Indonesia adalah negara yang kaya akan keragaman budaya. Hal tersebut merupakan aset untuk mewarnai dunia. Indonesia memiliki keragaman budaya yang tinggi dan tidak dimiliki negara-negara lain.

Oleh karena itu, upaya melestarikan budaya keragaman tersebut perlu diapresiasi. Tidak heran jika nantinya muncul bibit unggul yang dapat membawa kebudayaan Indonesia ke kancah global dengan masif.

Sementara itu, ketua pelaksana Genus 2020 Mutia Pangestu mengatakan penyelanggaraan tahun ini berbeda dari sebelumnya. Meski dilaksanakan secara daring, kegiatan budaya tersebut diharapkan tetap dapat dinikmati oleh mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan dan juga masyarakat dengan baik tanpa mengurangi esensi kegiatan itu sendiri.

"Keberagaman yang ada di IPB University merupakan miniatur Indonesia," katanya.

Hal tersebut, ujar dia, tercipta karena mahasiswa IPB University berasal dari berbagai daerah di Indonesia yakni dari Sabang hingga Merauke.

Genus 2020 mengusung tema "Pesona Indah Nusantara" yang berarti keindahan ragam budaya Indonesia. Genus memiliki beragam rangkaian kegiatan di antaranya pembukaan, bincang budaya, icon costume, kuliner nusantara, pemilihan putera-puteri organisasi mahasiswa daerah, pasar budaya dan pagelaran budaya.

Meski terhalang pandemi, kegiatan Genus 2020 tetap dilaksanakan secara daring. Bahkan, antusias mahasiswa IPB University dalam melestarikan keberagaman budaya di Indonesia tergolong tinggi.

Baca juga: IPB University selenggarakan Art Contest secara daring

Baca juga: Mahasiswa IPB University kembali terpilih jadi Putra Padi Jabar 2020

Baca juga: Bimbo Pukau Halal Bihalal Keluarga Besar IPB

 
Pewarta : Muhammad Zulfikar
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020