Oded Danial tanggapi penolakan penutupan Jalan Otto Iskandar Dinata

Oded Danial tanggapi penolakan penutupan Jalan Otto Iskandar Dinata

Wali Kota Bandung, Oded M Danial. ANTARA/HO-Humas Pemerintah Kota Bandung

Bandung (ANTARA) -
Wali Kota Bandung, Oded M Danial, angkat bicara terkait aksi yang dilakukan ratusan pedagang Pasar Baru, Bandung, yang menolak penutupan Jalan Otto Iskandar Dinata, di kota itu.
 
Menurut dia penutupan itu dilakukan dengan pertimbangan kesehatan di masa pandemi Covis-19 alias untuk menyekat potensi penyebaran virus Korona baru ini. Jalan besar di Bandung itu merupakan salah satu lokasi yang kerap dipadati masyarakat di waktu-waktu tertentu.
 
"Saya berharap mereka paham. Karena ini persoalannya Covid-19," kata dia, di Bandung, Senin.

Baca juga: Wali Kota Bandung: Lima ruas jalan ditutup pada sore hari
 
Ia mengatakan, sistem buka-tutup jalan tidak hanya menjadi keputusan pemerintah Kota Bandung, melainkan hasil urun rembug Forkompimda Bandung, yang di dalamnya juga terdapat Polrestabes Bandung dan Kodim 0618/BS.
 
Selain itu, penutupan jalan besar itu juga merupakan hasil evaluasi pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru di Bandung. Karena saat ini kasus Covid-19 di Bandung kembali meningkat.

Ia juga menyampaikan, buka tutup jalan yang dilakukan di Bandung tidak berlangsung sepanjang hari, melainkan dengan waktu tertentu. Waktu buka-tutup jalan antara lain, pukul 09.00-11.00 WIB, pukul 14.00-16.00 WIB, dan pukul 21.00-06.00 WIB.

Baca juga: Polisi tutup lima ruas jalan di Bandung cegah penyebaran COVID-19
 
Kemudian, kata dia, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bandung juga telah memutuskan untuk perpanjangan masa penutupan jalan itu.
 
"Kemarin sudah kita rapatkan bersama Forkompimda bahwa keputusannya masih seperti itu (buka-tutup jalan)," kata dia.
 
Sebelumnya, Ratusan pedagang Pasar Baru Trade Center menggelar aksi protes menolak penutupan jalan yang dilakukan pemerintah Kota Bandung di Jalan Otto Iskandar Dinata, Bandung, Senin, sekira pukul 09.30 WIB.

Baca juga: Penutupan jalan di Kota Bandung dipercepat saat libur Idul Adha

Mereka beraksi secara spontan karena resah lantaran Jalan Otto Iskandar Dinata ditutup, yang dinilai menurunkan jumlah pengunjung di Pasar Baru, dan ujung-ujungnya menurunkan pendapatan mereka di tengah pandemi Covid-19 ini terjadi.
 
"Buka tutup jalan menyulitkan ekonomi di pasar baru dan jalur itu dan alangkah lebih bijak pemkot mendengar aspirasi kami," kata Ketua Himpunan Pedagang Pasar Baru, Iwan Suhermawan.

Baca juga: Polisi akan kembali buka seluruh ruas jalan di Kota Bandung
Pewarta : Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2020