Kupang (ANTARA) - Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat meminta warga setempat untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari paparan COVID-19 selama Pilkada 2020 berlangsung.

"Pengumpulan massa selama kampanye pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah di sembilan kabupaten di NTT tidak dapat dihindari, sehingga masyarakat harus mampu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terpapar COVID-19," kata Viktor Bungtilu Laiskodat usai pengukuhan enam orang penjabat sementara bupati di NTT, di Kupang, Sabtu.

Baca juga: Gubernur Viktor: Pemda NTT segera produksi obat herbal hepatitis C

Baca juga: Gubernur NTT minta keaslian kampung adat Wae Rebo dipertahankan

   
Pengumpulan massa dalam jumlah banyak, katanya, tidak bisa dihindari selama masa kampanye. Oleh karena itu, untuk mencegah penyebaran COVID-19, masyarakat harus mampu menjaga daya tahan tubuhnya agar tetap sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi.

Dia berharap masyarakat NTT, terutama di sembilan kabupaten yang menggelar Pilkada untuk selalu menggunakan masker selama melakukan aktivitas di luar rumah guna mencegah penyebaran COVID-19.

"Menggunakan masker sangat efektif dalam mencegah penyebaran COVID-19 serta selalu mencuci tangan secara teratur," kata Viktor didampingi Wakil Gubernur, Josef A Nae Soi.

Pada tahun 2020, sembilan kabupaten di NTT menggelar Pilkada serentak, yaitu Kabupaten Sumba Barat, Sumba Timur, Manggarai Barat, Manggarai, Ngada, Malaka, Belu, Timor Tengah Utara, dan Sabu Raijua.

Baca juga: Viktor Laiskodat paparkan capaian pembangunan ekonomi NTT

Pilkada yang digelar serentak di sembilan kabupaten tersebut, dinilai berpotensi terjadinya penyebaran COVID-19.

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020