Ditlantas Polda Kalsel borong dua juara nasional inovasi pelayanan

Ditlantas Polda Kalsel borong dua juara nasional inovasi pelayanan

Kasubdit Regident Ditlantas Polda Kalsel Kompol Muhammad Junaidi Joni. (ANTARA/Firman)

Banjarmasin (ANTARA) -
Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) memborong dua juara nasional inovasi pelayanan saat pandemi COVID-19 dalam lomba yang digelar Korlantas Polri.

"Alhamdulillah Polda Kalsel juara di dua kategori dari empat kategori yang dilombakan," ujar Kasubdit Regident Ditlantas Polda Kalsel Kompol Muhammad Junaidi Joni, di Banjarmasin, Jumat.

Kategori pertama yang dimenangkan yaitu pelayanan permohonan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) pada Kantor Samsat. Kemudian kategori kedua pelayanan pada permohonan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). Sedangkan dua kategori lain, yakni pelayanan SIM dan kategori material bahan dokumen surat kendaraan dimenangkan polda lain.

Junaidi mengungkapkan, lomba gelaran Korlantas Polri tersebut menekankan pada pelayanan di era adaptasi kebiasaan baru, sehingga seluruh polda dituntut berinovasi menyikapi pandemi COVID-19.

"Polda Kalsel punya aplikasi unggulan Ditlantas Mobile yang membuat pelayanan semakin mudah dan cepat serta daring, sehingga memperkecil interaksi petugas dan masyarakat secara langsung dalam upaya pencegahan penularan COVID-19," katanya lagi.
Baca juga: Kapolda Kalsel beri penghargaan pengungkap 300 kilogram sabu-sabu

Ditlantas Polda Kalsel pun terus menyempurnakan aplikasi Ditlantas Mobile dengan beragam fitur tambahan, di antaranya SP2HP Lantas, yaitu fitur memudahkan masyarakat memantau perkembangan hasil penyidikan tanpa harus ke daerah kejadian kecelakaan lalu lintas.

Kemudian Layanan PJR yang berfungsi apabila masyarakat membutuhkan pengawalan dan pengaturan. Selanjutnya Antrean Samsat, fitur yang memudahkan masyarakat melakukan registrasi tanpa perlu mengantri lama.

Terakhir ada fitur pengaduan sebagai wadah masyarakat berkeluh kesah atas pelayanan di Ditlantas Polda Kalsel.

"Menciptakan aplikasi untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kepolisian ini menjadi atensi Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta dengan senantiasa dibimbing Direktur Lalu Lintas Polda Kalsel Kombes Pol Andi Azis Nizar," ujar Junaidi.
Baca juga: Polda Kalsel serahkan berkas penyidikan perkara 300 kg sabu-sabu
 
Pewarta : Firman
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020