Rencana ke depan kita akan memanggil para pelapor
Jakarta (ANTARA) - Penyelidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya akan segera memanggil pihak pelapor dalam kasus doxing yang dialami oleh jurnalis Liputan6.com.

"Rencana ke depan kita akan memanggil para pelapor," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus saat dikonfirmasi, Kamis.

Baca juga: Liputan6.com tempuh jalur hukum atas "doxing" yang menimpa jurnalis

Doxing merupakan  praktik menyebarluaskan informasi pribadi ke publik terhadap seseorang individu atau organisasi menggunakan saluran digital.

Meski demikian, Yusri belum memberikan rincian kapan pihak pelapor akan dipanggil untuk memberikan klarifikasi terkait laporan tersebut.

Baca juga: KPAI dorong orang tua dukung pencegahan kejahatan pada anak

Selain pelapor, penyidik kepolisian juga akan memeriksa para saksi yang berasal dari pihak pelapor dan diminta membawa alat bukti dalam perkara tersebut.

"Rencana ke depan juga memanggil saksi-saksi serta barang bukti yang ada," tambahnya.

Seperti diketahui, seorang jurnalis Liputan6.com bernama Cakrayuri Nuralam mendapatkan teror dengan cara doxing atau tindakan menyebarluaskan data diri seseorang.

Baca juga: ECPAT Indonesia: Tumpas kejahatan digital dengan "Jagoan Internet"

Pihak Liputan6.com sendiri sudah membuat laporan polisi terkait kasus itu. Laporan polisi itu tertuang pada LP/5604/IX/YAN.2.5./2020/SPKT PMJ.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020