Jakarta (ANTARA) - Grup idola K-pop Bangtan Sonyeondan (BTS) menyuarakan agar orang-orang termasuk generasi muda tetap mengejar mimpi mereka meskipun harus menghadapi tantangan sulit salah satunya karena pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Hal ini menjadi pesan khusus mereka di Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ke-75 yang berlangsung Rabu (23/9).

Pemimpin BTS, RM mengatakan orang-orang harus mencoba mencintai diri sendiri dan perlahan membayangkan kembali bisa berkumpul bersama. Dia juga mengajak semua orang tetap memiliki impian.

Baca juga: BTS akan sampaikan pidato di Sidang PBB ke-75

Baca juga: BTS akan hadir di Fortnite


"Mari kita bayangkan kembali dunia kita. Kita berkumpul bersama dalam keadaan lelah, tetapi mari kita bermimpi lagi. Mari kita bermimpi tentang masa depan," kata dia seperti dilansir Yonhap, Kamis.

Di sisi lain, Jin yang sempat dilabeli sebagai "mas ganteng" oleh penggemar BTS (ARMY) di Indonesia meminta penggemar dan anak muda tetap bahagia dan peduli pada orang lain, terutama di masa-masa tak pasti seperti saat ini.

BTS juga berbagi saat mereka merasa tertekan dan tidak berdaya sebelumnya selama pandemi.

"Kemarin, aku bernyanyi dan menari dengan penggemar di seluruh dunia, dan sekarang duniaku telah menyusut menjadi sebuah ruangan, tutur Jimin.

V bahkan mengatakan sempat merasa frustrasi dan depresi. Namun, menurut dia, pandemi COVID-19 secara tidak sengaja memberikan kesempatan untuk dirinya dan rekannya merefleksikan diri mereka sebagai artis dan sebagai individu.

J-Hope berbagi perspektif yang senada. "Aku tidak tahu siapa yang pertama. Kami merangkul semua emosi itu dan kami bertujuh mulai membuat musik bersama. Dari sinilah musik itu berasal, dan ini membuat kami jujur."

Jungkook mengatakan grupnya akan mencoba memberikan kekuatan kepada orang-orang melalui musik, seperti yang mereka coba lakukan lewat single terbarunya "Dynamite."

"Jika ada sesuatu yang dapat aku lakukan, jika suara kami dapat memberikan kekuatan kepada orang-orang, maka itulah yang kami inginkan dan itulah yang akan terus kami lakukan," ujar personel termuda BTS itu.

Sebagai penutup pidato, RM meminta para pemuda untuk tetap tegar.

Pidato ini menandai kedua kalinya BTS berbicara di Sidang Umum PBB. Sebelumnya, mereka pernah berbicara pada upacara peluncuran program Generasi Tanpa Batas UNICEF pada sidang umum ke-73 pada tahun 2018.

 


Baca juga: BTS sabet tiga kemenangan di Soribada Best K-Music Awards 2020

Baca juga: Kang Daniel, BTS dan para pemenang Soribada Best K-Music Awards 2020

Baca juga: Hanbin tereliminasi dari "I-LAND", K naik ke posisi puncak


Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2020