Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggunakan helikopter pengirim logistik untuk menjemput sampel pemeriksaan COVID-19 di daerah terpencil.

Helikopter yang biasanya digunakan untuk mendukung upaya penanganan bencana, evakuasi, dan kegiatan SAR, pekan lalu digunakan untuk membawa 214 sampel pemeriksaan COVID-19 dari daerah-daerah terpencil di Nusa Tenggara Timur (NTT) menurut siaran pers BNPB di Jakarta, Rabu.

"​​​​​​Heli BNPB dropping logistik COVID-19 dan pulangnya menjemput spesimen hasil uji COVID-19 ke daerah terpencil di Nusa Tenggara Timur," kata Pelaksana Tugas Deputi Bidang Penanganan Daerah BNPB Dody Ruswandi.

Di NTT, ia menjelaskan, helikopter dengan kode PK-CFS milik BNPB selain digunakan untuk mengirim logistik penanganan bencana juga dimanfaatkan untuk mengambil sampel pemeriksaan COVID-19 di daerah yang terpencil seperti Kampung Wae Rebo, Desa Satarlenda, Kecamatan Satarmese Barat, Kabupaten Manggarai.

"Helikopter BNPB, yang memang ditempatkan standby di home base Labuan Bajo, telah membantu pengambilan sampel spesimen tes COVID-19 di daerah-daerah terisolir di NTT," kata Dody.

Baca juga:
Laboratorium eks penanganan flu burung dipakai untuk periksa COVID-19
Presiden minta Kemenkes buat rencana tes COVID-19 seluruh provinsi

Pewarta: Katriana
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2020