Ajax lumat RKC Waalwijk tiga gol tanpa balas

Ajax lumat RKC Waalwijk tiga gol tanpa balas

Pemain Ajax Zakariya Labyad saat mencoba melepaskan diri dari hadangan dua pemain RKC Waalwijk saat keduanya bertemu di laga pekan ke-2 Liga Belanda di Amsterdam Arena, Minggu (20/9/2020). Dalam laga itu Ajax menang 3-0. (ANTAR/AFP/Maurice Van Steen)

Jakarta (ANTARA) - Ajax melumat tamunya RKC Waalwijk tiga gol tanpa balas dalam laga pekan kedua Liga Belanda yang berlangsung di Amsterdam Arena pada Minggu.

Kemenangan ini seolah mengulang memori pertemuan terakhir kedua klub pada musim lalu. Kala itu Ajax mengalahkan Waalwijk 3-0 di stadion yang sama.

Dalam pertandingan kali ini, tiga gol kemenangan Ajax masing-masing dicetak Dusan Tadic, Zakaria Labyad, dan Lisandro Martinez, demikian catatan resmi Liga Belanda.

Dengan raihan tiga poin membuat Ajax menempati posisi kedua di bawah Heerenven yang sama-sama mengemas enam poin. Namun Ajax kalah selisih gol. Sementara RKC Waalwijk berada di dasar klasemen tanpa meraih satu poin pun.

Perbedaan kekuatan sudah terlihat sejak babak pertama. Ajax terus mengurung pertahanan tim tamu dan tak memberikan ruang sedikitpun bagi Waalwijk melakukan penyerangan.

Baca juga: 10 pemain Ajax kantungi tiga poin penuh dari markas Sparta Rotterdam

Dari segi statistik pasukan Erik Ten Hag mendominasi dengan rataan penguasaan bola mencapai 64 persen. Sementara dari 23 percobaan tendangan mereka mencatatkan 10 kali mengarah ke gawang. Sebaliknya, Waalwijk hanya melepaskan enam percobaan tendangan sepanjang laga.

Sejak menit 10, Ajax sudah unggul 1-0 berkat sontekan Dusan Tadic meneruskan bola sepakan Quincy Promes yang diblok bek Waalwijk. Gol itu memicut semangat Ajax untuk mencetak gol kedua, serangan beruntun terus dilancarkan.

Mereka harus menunggu hingga 25 menit untuk bisa mencetak gol kedua. Zakaria Labyad kini yang mencatatkan namanya di papan skor. Berawal dari umpan silang ke sisi kanan oleh Mohamed Kudus, bola yang diterima Mazraoui diteruskan menjadi umpan untuk disundul Labyad di depan mulut gawang.

Pada paruh kedua, Waalwijk harus bermain dengan 10 orang setelah pemain bertahan mereka, Luuk Wouters, mendapat kartu merah akibat melanggar dengan keras pemain Ajax.

Unggul jumlah pemain dimaksimalkan Ajax untuk mencetak gol tambahan. Tuan rumah kembali menjauh 3-0 lewat aksi dingin Lisandro Martinez. Bermula dari umpan terobosan yang diterima Dusan Tadic, ia kemudian melepaskan umpan lambung yang tinggal disundul Martinez yang tanpa sedikitpun melompat.

Gol itu menjadi yang terakhir dalam pertandingan kali ini, Ajax menang 3-0 atas Waalwijk.

Baca juga: Feyenoord ditahan imbang Twente, Willem II pesta gol lawan Heracles

Berikut susunan pemain:
Ajax (4-3-3): Andre Onana; Daley Blind (Sergino Dest), Perr Schuurs, Noussair Mazraoui, Lisandro Martinez; Edson Alvarez, Quincy Promes (Klaas Jan Hunterlaar), Mohamed Kudus; Anthony (David Neres), Zakariya Labyad (Lassina Traore), Dusan Tadic (Noa Lang).
Pelatih: Erik ten Hag

Waalwijk (4-3-3): Kostantinos Lamprou; Melle Meulensteen, Ahmed Touba, Said Bakari, Luuk Wouters; Nicolas Olsak (Hans Mulder), Anas Tahiri, Vurmon Anita; James Efmorfidis (Morad El Haddaouti), Finn Stokkers (Thierry Lutonda), Lennerd Deneels (Sylla Sow).
Pelatih: Fred Grim

Baca juga: Tanpa Robben, Groningen menang tipis 1-0 di markas ADO
Baca juga: Pecundangi Fortuna Sittard 3-1, Heerenven puncaki klasemen
Baca juga: Gol menit akhir Romero bawa PSV kantongi tiga poin dari Emmen
Pewarta : Asep Firmansyah
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2020