Facebook gabungkan Messenger dan Instagram di aplikasi baru untuk UKM

Facebook gabungkan Messenger dan Instagram di aplikasi baru untuk UKM

Ilustrasi Facebook (REUTERS)

Jakarta (ANTARA) - Facebook meluncurkan aplikasi baru yang memungkinkan pemilik usaha kecil mengelola halaman dan profil di Facebook, Messenger dan Instagram.

Dikutip dari The Verge, Jumat, aplikasi yang dinamai Facebook Business Suite itu akan menggabungkan infrastruktur dari tiga aplikasi tersebut sehingga pemilik usaha kecil dapat menerima pesan dari pelanggan, peringatan dan pemberitahuan dalam satu kotak masuk yang terbaru.

Ke depannya, Facebook juga berencana untuk menambahkan integrasi WhatsApp.

Baca juga: Facebook Messenger tambah "Watch Together" untuk nonton bareng

Baca juga: Facebook punya Facebook Campus, ini tiga fitur utama


Facebook Business Suite juga memungkinkan bisnis kecil mengunggah konten ke Facebook dan Instagram secara bersamaan dan memberikan laporan tentang kinerja iklan di platform tersebut.

Sebagian besar fungsi unggahan lintas platform ini dilaporkan telah tersedia untuk admin akun bisnis Instagram yang ditautkan ke Halaman Facebook.

Bersamaan dengan pengumuman aplikasi bisnis tersebut, Facebook merilis edisi ketiga dari penelitian yang sedang berlangsung tentang bagaimana bisnis kecil mengelola bisnis selama pandemi COVID-19, dan studi penelitian yang ditugaskan dari Deloitte tentang pola pembelian konsumen.

Empat puluh delapan persen konsumen yang disurvei mengatakan mereka memilih untuk belanja daring sejak wabah dimulai, dan 73 persen dari mereka yang mulai berlangganan bisnis daring mengatakan salah satunya adalah bisnis kecil.

Facebook berencana untuk membuat alat untuk bisnis tersebut tersedia bagi bisnis kecil terlebih dahulu, dan meluncurkannya ke bisnis yang lebih besar di masa depan.

Baca juga: Facebook gandeng Ray-Ban siapkan kacamata pintar tahun depan

Baca juga: Facebook izikan filter AR kreator di Messenger dan Portal

Baca juga: Ikut protes, Kim Kardashian "puasa" Instagram dan Facebook
Pewarta : Arindra Meodia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020