Jakarta (ANTARA) - Facebook mengatakan "kacamata pintar" pertamanya untuk konsumen akan dirilis tahun depan di bawah produk milik Ray-Ban, sang CEO Mark Zuckerberg mengumumkan dalam pidato pembukaan Facebook Connect.

Tidak jelas fitur apa yang akan diusung perangkat tersebut, namun Facebook telah mengonfirmasi kepada The Verge bahwa perangkat tersebut tidak akan diklasifikasikan sebagai perangkat AR, dan tidak akan memiliki layar terintegrasi.

Hal itu kemungkinan menunjukkan bahwa perangkat tersebut lebih dekat dengan Snap Spectacles atau mungkin Echo Frames milik Amazon.

Facebook mengatakan kacamata pintar untuk konsumen itu akan menambah keseluruhan pekerjaan di AR, yang kini termasuk prototipe penelitian eksperimental yang disebut Project Aria, yang lebih mirip sepasang kacamata AR.

Mulai bulan ini, Facebook mengatakan akan mulai menguji Aria di dunia nyata dengan karyawan dan kontraktor Facebook untuk menyelesaikan masalah sulit seputar privasi, perekaman video dan desain.

Facebook selama beberapa tahun belakangan telah mengutarakan rencana untuk membuat perangkat AR yang menyerupai kacamata pada umumnya, dan kini perusahaan tersebut bekerja sama dengan Ray-Ban untuk merancang bingkai kacamata pintar pertamanya, membenarkan rumor musim gugur lalu yang menyebut bermitra dengan merek kacamata asal Italia.

"Kami sangat ingin menjelajahi perangkat yang dapat memberikan cara yang lebih baik kepada orang-orang untuk terhubung dengan orang-orang terdekat mereka. Perangkat yang dapat dikenakan berpotensi melakukan itu," ujar Vice President of the Reality Labs division, Andrew Bosworth.

"Kami memiliki mitra yang sama ambisiusnya yang akan meminjamkan keahlian dan katalog brand kelas dunia mereka ke kacamata pintar pertama yang benar-benar modis, " dia menambahkan.

Facebook belum mengungkap detail apa pun, termasuk nama, seperti apa tampilan di luar prototipe Project Aria, maupun harga kacamata pintar tersebut, The Verge dikutip Kamis.


Baca juga: Facebook gandeng Ray-Ban garap kacamata pintar

Baca juga: Apple dilaporkan pertimbangkan ekspansi ke kacamata pintar

Baca juga: Facebook izikan filter AR kreator di Messenger dan Portal

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020