Semua sarana dan prasarana transportasi harus dapat menjamin keselamatan dan kesehatan masyarakat, memberikan rasa aman dan nyaman bagi semua pengguna transportasi
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) dimaknai sebagai momentum untuk merenungkan kembali apa yang telah dikontribusikan untuk bangsa dan negara serta persepsi dan tekad untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Menhub saat menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Perhubungan Nasional, di Kantor Pusat Kementerian Perhubungan (Kemenhub)  Jakarta, Kamis, berharap 
seluruh elemen Kemenhub bersama seluruh pemangku kepentingan membangun sinergi dan kolaborasi menciptakan transportasi yang berkeselamatan, aman, dan sehat, serta dapat menunjang berbagai aktivitas menuju Indonesia Maju, yang adil dan makmur.

Baca juga: Menhub ungkap pentingnya transportasi bagi ekonomi sejak zaman Romawi

Pada Hari Perhubungan Nasional Tahun 2020 yang mengangkat tema “Wujudkan Asa, Majukan Indonesia” itu Menhub menambahkan sektor perhubungan adalah sektor yang dibutuhkan sebagai mobilitas untuk mendukung aktivitas sektor-sektor yang lain seperti sektor perdagangan, pendidikan, industri, UKM, hingga pariwisata. Karena itu, transportasi memiliki peranan yang amat strategis dan mempengaruhi keberhasilan pembangunan.

“Maka sangat wajar jika kita harus selalu siap membangun dan melayani dalam berbagai kondisi. Sumber daya manusia dituntut memperkuat kembali komitmen dan dedikasi untuk bekerja keras nyata di sektor transportasi, karena hal ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan kesejahteraan bangsa, dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Indonesia,” katanya.

Baca juga: KAI bantah kereta api jadi lokasi paling rentan penularan COVID-19

Budi menuturkan saat ini sedang dalam kondisi pandemi COVID-19 yang tidak hanya berimbas pada kondisi nasional tetapi juga kondisi dunia. Pandemi, kata dia, juga menjadi tantangan bagi sektor transportasi yang sangat bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Karenanya Menhub berpesan agar insan transportasi harus dapat memberikan solusi cerdas dalam penyelenggaraan transportasi pada masa pandemi ini, terutama konsisten dalam penerapan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19.

“Mari kita tunjukkan, insan transportasi ada di garda terdepan untuk memutus rantai penyebaran COVID-19, dengan memberikan teladan dalam memenuhi ketentuan. Semua sarana dan prasarana transportasi harus dapat menjamin keselamatan dan kesehatan masyarakat, memberikan rasa aman dan nyaman bagi semua pengguna transportasi,” ujar Menhub.

Baca juga: Menhub sebut "link and match" tantangan SDM transportasi saat ini

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020