Pemkab Magetan catat lima pasien baru terkonfirmasi COVID-19

Pemkab Magetan catat lima pasien baru terkonfirmasi COVID-19

Ilustrasi - Kasus COVID-19. (Dok ANTARA)

Magetan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan, Jawa Timur mencatat lima pasien baru terkonfirmasi positif COVID-19 di wilayah setempat, sehingga total pasien terus meningkat dari 308 menjadi 313 orang.

"Pada Selasa, 15 September 2020, kabar kurang baik kembali kami sampaikan hari ini, yaitu ada lima orang warga Magetan terkonfirmasi positif," kata Kepala Diskominfo Kabupaten Magetan Saif Muchlissun dalam keterangannya, di Magetan, Selasa malam.

Tambahan lima pasien tersebut terdaftar sebagai kasus nomor 309 hingga 313. Mereka tertular akibat berbagai alasan, mulai dari hasil pelacakan kontak erat dengan kasus konfirmasi sebelumnya, kasus suspek, hingga temuan hasil rapid test.

Sesuai dengan data, kasus ke-309 berinisial SUW (45), warga Kecamatan Kawedanan. Yang bersangkutan merupakan hasil kontak erat dengan pasien ke-285 berinisial SBN.
Baca juga: Pemkab Magetan terima bantuan satu alat tes usap COVID-19 PCR

Kemudian, pasien ke-310 berinisial WAG (45), warga Kecamatan Plaosan. Yang bersangkutan merupakan hasil kontak erat dengan pasien ke-275 berinisial KRM. Pasien ke-311 berinisial EW (22), warga Kecamatan Lembeyan. Pasien saat ini melakukan perawatan dengan cara isolasi mandiri.

Berikutnya, pasien nomor 312 berinisial SPR (60), warga Kecamatan Ngariboyo. Adapun status awal pasien adalah suspek di salah satu rumah sakit di Kabupaten Madiun.

Lalu, pasien ke-313 berinisial SUN (48), warga Kecamatan Takeran dengan status awal pasien adalah suspek di salah satu rumah sakit di Kota Madiun.

Dengan terkonfirmasnya lima warga Magetan hari ini, maka terdapat 313 orang konfirmasi COVID-19. Dari jumlah tersebut terdapat 223 orang sembuh, 15 orang meninggal, dan 75 orang dalam perawatan dan isolasi mandiri.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Kabupaten Magetan menempati peringat ke-30 dari kabupaten/kota di Jawa Timur dengan tingkat pemulihan kasus sebanyak 71,25 persen dan tingkat kasus kematian sebanyak 4,79 persen.

"Pasien terkonfirmasi positif COVID-19 setiap harinya terus bertambah. Tingkat kesembuhan tinggi, tetapi jumlah terkonfirmasi positif juga tinggi. Karenanya, warga Magetan diminta disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan," kata Muchlis.
Baca juga: Tambah delapan, positif COVID-19 di Magetan-Jatim naik jadi 294 kasus
 
Pewarta : Louis Rika Stevani
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020