terkonfirmasi positif pada hari ini 15 September 2020 terdapat tambahan 26 kasus positif
Yogyakarta (ANTARA) - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta mencatat jumlah pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 di wilayah itu pada Selasa bertambah 26 sehingga total menjadi 1.895 kasus.

"Hasil pemeriksaan laboratorium, terkonfirmasi positif pada hari ini 15 September 2020 terdapat tambahan 26 kasus positif," kata Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan COVID-19 Berty Murtiningsih melalui keterangan resminya di Yogyakarta, Selasa.

Baca juga: PN Sleman hentikan sementara pelayanan karena pegawai positif COVID-19

Ia mengatakan jika dilihat berdasarkan wilayah domisili, 26 pasien positif yang tercatat sebagai kasus 1.875 sampai 1.900 itu terdiri atas satu kasus asal Kota Yogyakarta, satu kasus Kabupaten Bantul, satu kasus Gunung Kidul, 12 kasus Kabupaten Sleman, serta 11 kasus asal Kulon Progo.

Sementara itu, jika mengacu riwayat kasusnya, kata dia, terdiri atas satu kasus skrining karyawan kesehatan, dua kasus periksa mandiri, 13 kasus pelacakan kontak kasus, empat kasus perjalanan luar daerah, satu kasus kontak dengan keluarga dari luar wilayah, serta lima kasus masih dalam penelusuran.

Baca juga: BKKBN: Tingkatkan ketahanan keluarga guna cegah penyebaran COVID-19

Menurut Berty, tambahan kasus Selasa ini berasal dari hasil pemeriksaan laboratorium di DIY terhadap 492 sampel spesimen dari 425 orang.

Selain pasien positif, Berty juga mencatat 15 tambahan pasien sembuh, sehingga total jumlah kasus sembuh COVID-19 di DIY menjadi 1.370 kasus.

Baca juga: Satu pedagang sayur di Beringharjo Yogyakarta positif COVID-19

Ia mengatakan jika dilihat berdasarkan wilayah domisili, 15 pasien yang sembuh itu terdiri atas empat kasus asal Kota Yogyakarta, dua kasus asal Kabupaten Kulon Progo, satu kasus asal Gunung Kidul, serta delapan kasus Kabupaten Bantul.

Berdasarkan data dari rumah sakit rujukan, ia mencatat total suspek COVID-19 di DIY hingga Selasa, tercatat 11.992 orang.

Dari jumlah suspek tersebut, 1.895 orang terkonfirmasi positif di mana 1.370 orang di antaranya sembuh dan 53 orang meninggal.

Baca juga: Satgas COVID-19 mengisolasi sebagian Panitia PPSMB UGM

 

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020