Stadion Patriot Bekasi mulai difungsikan rawat pasien COVID-19

Stadion Patriot Bekasi mulai difungsikan rawat pasien COVID-19

Rumah Sakit Darurat Stadion Patriot Candrabhaga siap merawat pasien COVID-19. ANTARA/Pradita Kurniawan Syah

Bekasi (ANTARA) - Rumah Sakit darurat Stadion Patriot Candrabhaga di Kota Bekasi, Jawa Barat mulai besok, Rabu (16/9) sudah dapat difungsikan untuk merawat pasien positif COVID-19.

"Ini besok kemungkinan sudah bisa dipakai. Hepafilternya sudah ada, oksigen sudah ada, IGD-nya juga sudah ada," kata Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi di Posko Gugus Tugas COVID-19, Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Bekasi Selatan, Selasa.

Rahmat mengatakan rumah sakit darurat Stadion Patriot Candrabhaga akan digunakan untuk merawat pasien COVID-19 dengan kategori orang tanpa gejala (OTG).

Baca juga: RS swasta Bekasi mulai kehabisan ruang isolasi pasien COVID-19

Selain kategori orang tanpa gejala, rumah sakit darurat ini juga tidak menutup kemungkinan akan merawat pasien dengan kategori gejala ringan.

"Tidak ada masalah, nanti jika ada rumah sakit swasta menanyakan pak ini ada pasien tolong isolasi mandiri maka datang ke sini saja," katanya.

Dia menjelaskan kapasitas rumah sakit darurat yang siap digunakan sebanyak 57 tempat tidur. Pemkot Bekasi sebenarnya menyiapkan 100 kapasitas tempat tidur namun belum selesai seluruhnya.

"Di sini baru ada 57 kapasitas untuk menampung pasiennya, Insya Allah kita akan mempersiapkan 100 kapasitas tambahan lagi untuk antisipasi," ucapnya.

Baca juga: Kabupaten Bekasi sepakati terapkan PSBM

Pantauan di lokasi, rumah sakit darurat Stadion Patriot Candrabhaga berada di Gate 13 dekat lokasi layanan rapid test atau tes cepat  Posko Gugus Tugas Kota Bekasi.

Ruangan yang disulap menjadi rumah sakit darurat itu merupakan area fasilitas ruang rapat yang ada di stadion.

Terdapat sejumlah ruangan yang digunakan, satu ruangan terdiri atas lima tempat tidur dengan fasilitas pendingin ruangan, sekat tirai, hingga alat oksigen.

Selain itu, ruangan IGD juga sudah tersedia serta ruangan khusus petugas medis yang nantinya berjaga di rumah sakit darurat.

Baca juga: Kabupaten Bekasi lanjutkan PSBB proporsional ikuti Jabar
Baca juga: Depok-Bekasi-Bogor-Cimahi zona merah COVID-19, sebut Gubernur Jabar
Pewarta : Pradita Kurniawan Syah
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020