Jakarta (ANTARA) - Groningen dipukul tamunya PSV Eindhoven dengan skor 1-3 dalam laga pekan pembuka Liga Belanda 2020/21 di Stadion Hitachi Capital Mobility, Minggu waktu setempat, yang juga menandai kembalinya Arjen Robben di klub medioker itu.

Robben, yang merupakan jebolan akademi Groningen, cuma main kurang dari setengah jam dalam laga itu dan harus meninggalkan lapangan pada menit ke-28 lantaran cedera, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Baca juga: Arjen Robben batal pensiun demi gabung FC Gronigen

Sayap gaek itu berbenturan dengan gelandang Pablo Rosario ketika berebut bola, sebelum jatuh terduduk di lapangan dan memberi sinyal ditarik keluar kepada pelatih kepala Danny Buijs.

Hanya enam menit sesudah Robben meninggalkan lapangan, tim tamu mampu membuka keunggulan lewat aksi Cody Gakpo yang meliuk-liuk melewati hadangan tiga pemain Groningen setelah menerima umpan kiriman Rosario dan menyelesaikannya dengan sepakan keras demi menaklukkan kiper Sergio Padt.

Keunggulan itu bertahan hingga turun minum, tetapi delapan menit selepas sepak lanjut babak kedua kiper Yvon Mvogo melakukan blunder ketika umpannya disergap oleh para pemain Groningen dan Thomas Suslov mencetak gol untuk membuat kedudukan imbang 1-1.

Sayang hasil imbang itu hanya bertahan tiga menit. PSV kembali unggul setelah Donyell Malen yang menerima umpan manis Noni Madueke melepaskan tendangan, bola pun melewati sela-sela kaki Padt.

Baca juga: PSV tunjuk Roger Schmidt gantikan Van Bommel secara permanen

PSV sebenarnya memiliki peluang emas untuk memperlebar keunggulan melalui titik penalti pada menit ke-80, setelah Daniel van Kaam kedapatan menyentuh bola dengan tangan. Sayang, Malen yang maju sebagai eksekutor gagal mengkonversinya menjadi gol.

Alih-alih menyamakan kedudukan, Groningen justru harus memungut bola untuk ketiga kalinya. Lagi-lagi aksi Gakpo yang membuat jala gawang Padt kembali bergetar.

Groningen memiliki satu kesempatan untuk memperkecil kedudukan pada menit akhir perpanjangan waktu. Akan tetapi, sepakan keras Tomas Suslov di luar kotak penalti, melambung tipis di atas mistar gawang Mvogo.

Hasil 3-1 untuk kemenangan PSV atas tuan rumah Groningen tetap bertahan. Selanjutnya Groningen akan menghadapi ADO Den Haag, sementara PSV akan menghadapi Emmen.

Baca juga: 10 pemain Ajax kantungi tiga poin penuh dari markas Sparta Rotterdam
Baca juga: Dua gol injury time antar VVV Venlo menang 5-3 di markas Emmen


Susunan pemain:

Groningen (4-2-3-1): Sergio Padt; Damil Dankerful, Wessel Dammers, Ko Itakura, Bart van Hintum (Patrick Joonsten); Azor Matusiwa, Daniel van Kaam (Ahmed El Messaodi); Arjen Robben (Thomas Suslov), Ramon Lundqvist (Romano Posterna), Mohamed El Hankouri (Thomas Poll); Jorgen Larsen.
Pelatih: Danny Buijs

PSV Eindhoven (4-4-2): Yvon Mvogo; Denzel Dumfries, Jordan Teze, Olivier Boscagli, Phillip Max; Mauro Junior (Mohamed Ihattaren), Pablo Rosario, Ryan Thomas (Jorrit Hendrix), Cody Gakpo; Sam Lammers (Madueke), Donyell Malen.
Pelatih: Roger Schmidt.

Baca juga: Twente awali musim dengan kemenangan setelah atasi Fortuna Sittard
Baca juga: Dua gol Steven Berghuis bawa Feyenoord atasi PEC Zwolle 2-0
Baca juga: Heerenven tumbangkan Willem II dalam laga pembuka

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2020