Jakarta (ANTARA) - Lima berita politik yang menghiasi laman Antaranews pada Kamis (10/9) yang masih menarik untuk dibaca hari ini, mulai dari KPU perpanjang pendaftaran Pilkada untuk antisipasi calon tunggal hingga Brigjen TNI Mohamad Hasan resmi jabat Danjen Kopassus.

1. KPU perpanjang pendaftaran Pilkada untuk antisipasi calon tunggal

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia Arief Budiman menjelaskan opsi perpanjangan masa pendaftaran Pilkada 2020 sebagai ikhtiar mengantisipasi adanya calon tunggal.

"Karena Mahkamah Konstitusi memutuskan pada tahun 2015, apabila di sebuah daerah hanya ada satu pasangan calon, itu boleh dilanjutkan setelah KPU dengan sungguh-sungguh mengupayakan pasangan calon itu tidak hanya satu," kata Arief.

Baca selengkapnya di sini

2. DPR dorong pemerintah berikan vaksin COVID-19 gratis bagi masyarakat

Anggota Komisi VI DPR RI Marwan Jafar mendorong Kementerian BUMN memberikan vaksin COVID-19 secara gratis kepada masyarakat yang secara ekonomi kurang mampu.

Menurut dia, pemberian vaksin COVID-19 secara gratis itu tidak hanya kepada masyarakat yang terdaftar BPJS Kesehatan, tetapi juga kepada masyarakat informal yang kurang mampu.

Baca selengkapnya di sini

3. DPR akan batasi kehadiran anggota dalam rapat hanya 20 persen

Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar mengatakan institusinya akan membatasi kehadiran anggota DPR dalam setiap rapat yaitu hanya 20 persen dari jumlah anggota tiap Alat Kelengkapan Dewan (AKD) dan komisi yang akan diberlakukan pada pekan depan. Kebijakan terkait diambil setelah diberlakukan-nya kembali kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta mulai 14 September.

Baca selengkapnya di sini

4. Satgas sebut 45 kabupaten/kota pelaksanaan Pilkada zona merah COVID-19

Juru bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan saat ini terdapat 45 kabupaten/kota yang akan melaksanakan Pilkada 2020, yang termasuk dalam zona merah COVID-19. "Ada 45 kabupaten/kota pelaksanaan Pilkada dengan zona risiko tinggi. 45 kabupaten/kota tersebut dalam zona merah," kata Wiku.

Baca selengkapnya di sini

5. Brigjen TNI Mohamad Hasan resmi jabat Danjen Kopassus

Brigjen TNI Mohamad Hasan resmi menjabat sebagai Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Kopassus) setelah Danjen Kopassus sebelumnya Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa menyerahkan tongkat komando kepemimpinan Korps Baret Merah, di Mako Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Kamis (10/9).

Baca selengkapnya di sini

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2020