PT EMLI yakin masuk menjadi pemain utama industri oli di Indonesia

PT EMLI yakin masuk menjadi pemain utama industri oli di Indonesia

Pemaparan perusahaan yang dilkaukan oleh para petinggi dari PT EMLI. ANTARA/HO-Aspri.

Jakarta (ANTARA) - Sejak mengakuisisi PT Federal Karyatama (PT FKT) dua tahun yang lalu, PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI) semakin berkembang dan terus memperkuat lini bisnisnya dengan target menjadi pemain top utama di pasar industri oli Indonesia.

Untuk mencapai target dari visi dan misi perusahaan, mereka telah berfokus pada kemampuan masing-masing yang sudah kuat di bidangnya. Seperti halnya Federal Oil, datang dengan sumbangsih di industri roda dua. Sedangkan ExxonMobil di sisi lain datang dengan kekuatan komersial industri B2B.

"Kalau digabungkan itu kan menjadi kongkrit, nah itu yang kita ingin kuatkan dulu. di atas pondasi itu kita punya bertabur SDM yang kita pertahankan, dan kita punya brand yang nantinya akan kita persiapkan untuk itu," ungkap Head of Indonesia Lubricants Market Indonesia, Patrick Adhiatmadja, Rabu (9/9)

"Kita harus komplit dan kita jua harus memiliki senjata untuk bisa menang dan juga tentunya dengan kompetisi yang fair, jadi kita tinggal masak itu semua untuk memenuhi kebutuhan konsumen," tambah dia.

Dalam hal ini, PT EMLI membuka babak baru dengan memegang hak pemasaran pelumas merek Federal Oil di Indonesia dan PT FKT kini fokus memproduksi pelumas-pelumas merek Mobil dan Federal Oil di pabrik berkapasitas 700 ribu barrels per tahun.

Tentunya dengan pengalaman yang sudah lebih dari 30 tahun, dan dengan proses produksi pelumas yang juga memiliki kualitas berstandar internasional di Kawasan Industri Cilegon, Banten.

"Kalau kita inget, di Cilegon, Federal punya lab sendiri. Jadi, jangan khawatir untuk formulasi kita juga sudah mengikuti standar dan tidak hanya satu standar. Kalau di Indonesia itu kita ikut standar SNI," kata dia.

Untuk semakin meyakinkan konsumen di Indonesia, PT EMLI saat ini sedang melakukan pemindahan produksi secara bertahap untuk produk pelumas merek Mobil™ dari yang sebelumnya dilakukan di pabrik ExxonMobil yang berlokasi di Jurong, Singapura.

Hal ini ditandai dengan adanya seremoni penuangan pertama produk pelumas Mobil Super Moto™ pada bulan Februari 2020 lalu di Cilegon.

Sebagaimana diketahui bersama, PT EMLI telah menjangkau lebih dari 10 juta konsumen di Indonesia dengan merek Federal Oil, dan lebih dari 15 ribu bengkel independen yang dilayani melalui jaringan distributor di seluruh Indonesia.

PT EMLI juga akan terus berupaya untuk melakukan integrasi jaringan distribusi penjualan yang berfokus pada area-area potensial, meliputi wilayah-wilayah di Jawa, Bali, dan Sumatera.

Dalam hal penanganan bisnis yang terhimpit akibat adanya COVID-19 di Indonesia bahkan dunia, PT EMLI terus melakukan berbagai upaya dan penyesuaian diri dengan adaptasi kebiasaan baru, agar dapat terus mempertahankan eksistensi di pasar otomotif Indonesia.

Selain itu upaya integrasi jaringan yang sudah dilakukan sejak 2018 berjalan sesuai dengan rencana, dan memberikan dampak positif bagi efektifitas dan efisiensi waktu, biaya, serta sejumlah aktivitas operasional lainnya dalam mendistribusikan produk kami ke pasar.

"Ke depannya kami berharap dapat terus memperluas area, dan memperkuat jaringan pemasaran produk kami, sehingga memberikan dampak pada pertumbuhan pangsa pasar dan pencapaian perusahaan," tutur dia

PT EMLI juga memiliki beragam inovasi program yang dihadirkan Mobil™ dan Federal Oil bagi konsumen setia dan pengguna kendaraan roda empat dan roda dua di Indonesia.

Seperti pelayanan servis di rumah, program berhadiah, launching produk baru, edukasi dan seminar mengenai teknologi pelumas melalui media-media digital, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna menjaga keselamatan dan keamanan berbagai pihak yang terlibat.

Baca juga: ExxonMobil Lubricants luncurkan pelumas baru untuk roda empat

Baca juga: Mobil Lubricants hadirkan program home service bareng startup Brum.id

Baca juga: Grab - ExxonMobil Lubricants kerja sama perawatan kendaraan mitra


 
Pewarta : Chairul Rohman
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020