Jakarta (ANTARA) - Mason Greenwood mengeluarkan permintaan maaf atas tindakannya melanggar protokol kesehatan saat bersama timnas Inggris di Islandia, yang menyebabkan ia dicoret dari skuat Inggris.

Penyerang Manchester United tersebut menyebut aksinya "tidak bertanggung jawab."

Greenwood dan Foden dipulangkan ke Inggris pada Selasa setelah laporan media Islandia yang mengklaim bahwa dua pemain muda tersebut mengajak beberapa perempuan lokal ke hotel tim dan akibatnya mereka telah melanggar aturan ketat COVID-19.

Baca juga: Langgar protokol kesehatan, Greenwood dan Foden dicoret dari timnas

Keduanya didenda 1.360 poundsterling (sekitar Rp26,2 juta) karena melanggar protokol kesehatan dan mendapatkan kritik oleh manajer timnas Inggris Gareth Southgate serta klub masing-masing.

"Manchester United berhubungan dengan Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) dan kecewa dengan tindakan Mason Greenwood atas situasi ini," tulis Setan Merah dalam pernyataan resmi mereka.

Greenwood terbang kembali ke Manchester pada Selasa setelah dicoret dari skuat Tiga Singa untuk pertandingan Nations League mereka melawan Denmark.

Phil Foden juga meminta maaf melalui akun media sosialnya di hari yang sama terkait tindakannya tersebut, sedangkan Greenwood menghapus akun Twitter-nya setelah insiden itu dan mengeluarkan permintaan maaf melalui situs resmi klub.

Baca juga: Southgate konfirmasi Foden dan Greenwood langgar protokol COVID-19

"Setelah memiliki kesempatan untuk merenungkan apa yang terjadi, saya hanya bisa meminta maaf kepada semua orang atas rasa malu yang saya timbulkan," ujar Greenwood (21) yang dikutip Goal pada Selasa (8/9).

"Saya tidak bertanggung jawab dengan melanggar protokol COVID-19 yang berlaku untuk melindungi pemain, staf, dan publik. Secara khusus, saya ingin meminta maaf kepada Gareth Southgate, karena mengecewakannya, ketika ia menunjukkan kepercayaan besar kepada saya."

"Bermain untuk Inggris adalah salah satu momen paling membanggakan dalam hidup saya dan saya hanya menyalahkan diri saya sendiri atas kesalahan besar ini."

"Saya berjanji kepada keluarga saya, fans, Manchester United dan Inggris bahwa ini adalah pelajaran yang akan saya pelajari," tutupnya.

Itu adalah panggilan pertama Greenwood ke tim senior Inggris, Greenwood melakukan debutnya saat bermain dari bangku cadangan di babak kedua saat mereka menang 1-0 atas Islandia pada Minggu.

Baca juga: Solskajer sebut Greenwood siap bermain di timnas senior Inggris
Baca juga: Penalti Sterling menangkan Inggris atas Islandia
Baca juga: Manchester United siap sodorkan Mason Greenwood kontrak baru

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020