Satu orang terpapar tersebut posisi sebagai bakal calon wakil bupati
Sidoarjo (ANTARA) - Satu orang bakal calon peserta Pilkada 2020 di Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur, terindikasi positif terpapar COVID-19 sehingga harus menjalani isolasi mandiri dan belum bisa melanjutkan tahapan selanjutnya.

Ketua KPU Kabupaten Sidoarjo, M Iskak saat dikonfirmasi di Sidoarjo, Selasa mengatakan dari enam bakal calon kepala daerah yang mendaftar ke KPU salah satunya positif COVID-19.

"Satu orang terpapar tersebut posisi sebagai bakal calon wakil bupati," ungkap-nya.

Baca juga: 47 warga binaan dikembalikan ke blok hunian usai karantina COVID-19

Baca juga: Pelanggar protokol kesehatan dihukum berdoa di makam pasien COVID-19


Ia menjelaskan, saat ini pasangan calon tersebut belum bisa melanjutkan tahapan selanjutnya yakni pemeriksaan kesehatan karena harus menjalani isolasi mandiri.

"Karena sifatnya satu paket, maka antara bakal calon bupati dan wakil bupati tersebut belum melanjutkan tahapan yakni pemeriksaan kesehatan," ucapnya.

Ia menjelaskan, pihaknya baru bisa melaksanakan tahapan kepada pasangan tersebut jika mereka sudah negatif uji usap.

"Namun demikian, hal tersebut tidak mempengaruhi tahapan pemilihan kepala daerah di Kabupaten Sidoarjo karena ada dua pasang lainnya yang tidak terpapar virus Corona," ujarnya.

Ia menjelaskan, pada saat proses pendaftaran berlangsung, satu orang bakal calon tersebut hasil uji usapnya memang sudah positif, tetapi baru diketahui pada saat pendaftaran itu berlangsung.

"Sehingga, saat itu juga kami berkomunikasi dengan penghubung pasangan calon supaya yang bersangkutan segera meninggalkan lokasi KPU," katanya.

Di Kabupaten Sidoarjo pada pemilihan kepala daerah tahun 2020 ini diikuti oleh tiga pasangan calon.

Tiga pasangan itu masing-masing Bambang Haryo Sukartono-Taufiqulbar, Kelana Aprilianto-Dwi Astuti dan terakhir Ahmad Muhdlor Ali-Subandi.

Baca juga: PKB berangkatkan pasangan Muhdlor-Subandi maju Pilkada Sidoarjo

Baca juga: Pasangan BHS-Taufiq usung tagline "Sidoarjo Baik" saat pendaftaran

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2020