Sydney (ANTARA) - Pemerintah Australia pada Senin mengatakan akan menerima gelombang pertama vaksin COVID-19 potensial buatan AstraZeneca pada Januari 2021.

Area zona merah virus corona di negara itu melaporkan jumlah kasus harian baru COVID-19 telah turun ke level terendah selama 10 pekan.

Perdana Menteri Scott Morrison mengatakan pemerintah Australia telah mencapai kesepakatan manufaktur dengan CSL Ltd untuk memproduksi vaksin COVID-19 AstraZeneca dan Universitas Oxford, dan sebanyak 3,8 juta dosis vaksin akan dikirimkan pada Januari dan Februari 2021.

Dikenal sebagai AZD1222, vaksin COVID-19 buatan AstraZeneca sedang menjalani uji klinis tahap akhir di Inggris, Brasil, dan Afrika Selatan.

Baca juga: Argentina dan Meksiko setujui produksi vaksin COVID-19 AstraZeneca
Baca juga: Perusahaan Inggris uji coba obat diabetes untuk pasien COVID-19


Australia pada Agustus mengatakan akan membeli vaksin AstraZeneca, tetapi kesepakatan itu dibuat dalam keraguan setelah CSL mengatakan pihaknya memprioritaskan pembuatan vaksinnya sendiri -- saingan dari vaksin AstraZeneca.

CSL adalah perusahaan bioteknologi yang meneliti, mengembangkan, memproduksi, dan memasarkan produk untuk merawat dan mencegah kondisi medis serius. CSL berbasis di Australia. Sementara AstraZeneca adalah perusahaan farmasi dan biofarmasi multinasional Inggris-Swedia yang berbasis di Inggris.

Keraguan itu teratasi ketika pemerintah Australia pada Senin mengatakan pihaknya juga setuju untuk membeli vaksin COVID-19 alternatif buatan CSL jika uji cobanya berhasil.

Kesepakatan dicapai ketika negara bagian Australia, Victoria, mengatakan 41 kasus COVID-19 telah terdeteksi dalam 24 jam terakhir, turun dari 63 kasus yang dilaporkan sehari sebelumnya. Angka itu merupakan kenaikan kasus harian terendah sejak 26 Juni.

Negara bagian terpadat kedua di Australia itu telah menjadi episentrum gelombang kedua wabah COVID-19. Victoria mencatat sekitar 75 persen dari 26.320 kasus COVID-19 di negara itu dan 90 persen dari 762 kematian akibat virus corona baru.

Negara bagian Victoria pada Minggu memperpanjang masa penguncian ketat di ibu kotanya Melbourne hingga 28 September, karena tingkat kasus infeksi virus corona harian telah menurun lebih lambat dari yang diharapkan.

Sumber: Reuters

Baca juga: Calon vaksin COVID-19 AstraZeneca mulai uji tahap akhir
Baca juga: EU - AstraZeneca sepakati kontrak pembelian vaksin COVID-19

Penerjemah: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2020