Ratusan pasien COVID-19 di Tanjungpinang-Kepri OTG, sebut Dinkes

Ratusan pasien COVID-19 di Tanjungpinang-Kepri OTG, sebut Dinkes

Sukarelawan COVID-19 di Tanjungpinang membagikan jas hujan kepada mahasiswa pesisir yang kuliah di Ibu Kota Kepri tersebut. (FOTO ANTARA/Nikolas Panama)

Tanjungpinang (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau mencatat sebanyak 187 dari 247 orang total pasien positif COVID-19 adalah orang tanpa gejala (OTG).

Kepala Dinas Kesehatan Tanjungpinang Rustam, di Tanjungpinang, Minggu (6/9) 2020 mengatakan bahwa jumlah kasus aktif di Ibu Kota Kepulauan Riau itu mencapai 100 orang, sebanyak 27 orang di antaranya dirawat di rumah sakit.

Ia mengatakan bahwa pasien yang dirawat hanya yang memiliki gejala COVID-19. Dari total jumlah pasien COVID-19 di Tanjungpinang, sebanyak 60 pasien adalah OTG.

Saat ini, menurut dia, beberapa di antara pasien yang dirawat tersebut memiliki penyakit penyerta. Sementara pasien tanpa gejala menjalani isolasi mandiri dan karantina terpadu yang disiapkan pemerintah.

"Jumlah pasien yang melakukan isolasi mandiri saat ini sebanyak 63 orang, sementara pasien yang menjalani karantina terpadu 10 orang," katanya.

Berdasarkan hasil penelusuran tenaga kesehatan, Rustam menjelaskan pasien COVID-19 yang tertular dari daerah lain sebanyak 66 orang, sedangkan yang tertular setelah kontak erat dengan pasien positif COVID-19 mencapai 168 orang.

Sedangkan warga Tanjungpinang yang tertular COVID-19, namun tidak pernah kontak dengan pasien COVID-19 dan tidak pernah ke luar daerah sebanyak 13 orang.

"Dari 247 orang total pasien COVID-19, 140 orang sudah sembuh dan tujuh orang meninggal dunia," demikian Rustam.

Baca juga: Empat tenaga medis di Tanjungpinang positif COVID-19, sebut Wali Kota

Baca juga: Tanjungpinang banjir papan bunga untuk Wali Kota Syahrul

Baca juga: Kota Tanjungpinang menuju zona kuning COVID-19

Baca juga: Istri dan dokter pribadi Wali Kota Tanjungpinang positif COVID-19
Pewarta : Nikolas Panama
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020