NasDem, Hanura dan PAN usung Helmi-Muslihan di Pilgub Bengkulu

NasDem, Hanura dan PAN usung Helmi-Muslihan di Pilgub Bengkulu

Bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu Helmi Hasan dan Muslihan DS. (Foto ANTARA/HO-Dokumen tim pemenangan Helmi-Muslihan).

Bengkulu (ANTARA) - Tiga partai politik yaitu Partai NasDem, Partai Hanura dan PAN resmi mengusung Helmi Hasan dan Muslihan Dinding Soetrisno sebagai pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu dalam Pilkada 2020.

Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Provinsi Bengkulu Erna Sari Dewi mengatakan, partainya telah mengeluarkan surat dukungan dengan model B1KWK untuk mengusung Helmi-Muslihan.

"Kami sudah menyerahkan surat dukungan model B1KWK untuk pasangan Helmi-Muslihan, dengan begitu Partai Nasdem akan bergabung dengan Hanura, PAN dan kemungkinan juga Demokrat," kata dia di Bengkulu, Jumat.

Erna menjelaskan, dengan memiliki lima kursi di DPRD Provinsi Bengkulu, DPW Partai NasDem sebenarnya menginginkan kader partai yang diusung untuk maju dalam kontestasi pilkada mendatang.

Namun, kata dia, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh telah memutuskan mengusung Helmi-Muslihan sebagai pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu.

"Sesuai instruksi DPP bahwa kader NasDem di daerah wajib tegak lurus melaksanakan instruksi tersebut karena ini sudah menjadi keputusan ketua umum," papar Erna.

Sementara itu, Sekretaris DPD Partai Hanura Provinsi Bengkulu Usin Abdisyah Putra Sembiring menyebut partainya juga telah mengeluarkan surat pengusungan Helmi-Muslihan dalam model B1KWK.

Selain itu, kata dia, Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang juga telah mengeluarkan surat perintah agar jajaran Partai Hanura di Provinsi Bengkulu memenangkan Helmi-Muslihan dalam Pilkada Desember mendatang.

Menurut Usin, komitmen Partai Hanura untuk memenangkan Helmi dalam pilkada mendatang cukup berasalan.

Partai Hanura, kata Usin, menilai Wali Kota Bengkulu itu sebagai sosok yang memiliki banyak pengalaman dalam kontestasi politik dan konsisten menjaga hubungan baik dengan partai yang pernah mengusungnya.

"Dari pengalaman dia memenangkan pemilihan wali kota bersama partai pengusungnya dan juga membantu partai-partai yang mengusungnya itu mendapatkan kursi dalam Pileg lalu menunjukkan bahwa Helmi Hasan ini konsisten, kita mau bangun hubungan yang seperti itu," ucapnya.

Sementara itu, Ketua tim penjaringan bakal calon kepala daerah DPW PAN Provinsi Bengkulu Dedi Yanto mengatakan, Helmi-Muslihan rencananya akan mendaftar sebagai bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu ke KPU setempat pada Minggu (6/09).

"Kalau daftar Insya Allah hari Minggu, nanti kita tidak bawa massa karena untuk mematuhi protokol kesehatan," paparnya.

Dedi menyebut saat ini pihaknya masih menunggu Partai Demokrat yang rencananya juga akan bergabung dalam koalisi mengusung Helmi-Muslihan.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga akan melakukan konsolidasi antar partai pengusung untuk membentuk struktur tim pemenangan Helmi-Muslihan yang nantinya akan diserahkan ke KPU Provinsi Bengkulu.

"Kalau ketua tim lima pemenangan provinsi itu saya, kalau tim keluarga Teuku Zulkarnain, tetapi untuk tim parpol belum dan kita akan konsolidasi dulu," demikian Dedi.

Baca juga: Pengamat: Status mantan napi tak pengaruhi elektabilitas Agusrin

Baca juga: PDIP resmi usung petahana di Pilgub Bengkulu

Baca juga: Partai Gerindra usung Agusrin-Imron dalam Pilgub Bengkulu
Pewarta : Carminanda
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2020