Empat parpol dukung Hidayat-Bartolomeus maju di Pilkada Sulteng

Empat parpol dukung Hidayat-Bartolomeus maju di Pilkada Sulteng

Bakal calon Gubernur Sulawesi Tengah Mohamad Hidayat L menyampaikan keterangan persnya kepada jurnalis di Palu, usai mengundurkan diri menjadi Sekretaris Daerah Sulteng, Jumat (4/9/2020). ANTARA/Moh Ridwan

Palu (ANTARA) -
Empat Partai Politik memberikan dukungan kepada pasangan Mohamad Hidayat L dan Bartolomeus Tandigala pada pemilihan kepala daerah (pilkada) gubernur dan wakil gubernur Provinsi Sulawesi Tengah.
 
"Iya, kami mendapat dukungan dari empat partai. Dua diantaranya sebagai partai pengusung yakni Gerindra enam kursi dan PDIP juga enam kursi, sedangkan dua partai lainnya sebagai pendukung di antaranya Partai Bulan Bintang (PBB) dan Berkarya," kata Hidayat, salah satu kandidat bakal calon gubernur, di Palu, Jumat.
 
Menurut Hidayat, dengan jumlah parpol yang mendukung mereka sudah cukup mengantarkan ia dan pasangannya menjadi bakal pasangan calon pilkada Sulteng.
 
Pada kontestasi Pilkada Sulteng 2020, bakal pasangan calon gubernur-wakil gubernur mengerucut menjadi dua pasangan yakni pasangan Rusdi Mastura-Ma'mu Amir yang mendapat dukungan 10 Parpol, dan pasangan Mohamad Hidayat-Bartolomeus mendapat empat dukungan Parpol.
 
Di momen ini, dia mengajak seluruh relawan dan tim pemenangan agar membuktikan kepada publik bahwa pihaknya mampu menerapkan politik santun, meskipun segelintir orang menganggap hal itu tidak akan mungkin dunia politik.
 
"Tetapi bagi saya, kami akan coba kali ini diterapkan. Kalaupun ada gesekan-gesekan kecil karena perbedaan pandangan politik, maka secepatnya dikomunikasikan antara kedua belah pihak," ujar mantan sekretaris provinsi Sulteng ini.
 
Dia mengaku, pada pertarungan ini sesungguhnya ia berhadapan dengan 'orang yang dituakan atau seorang senior' Rusdi Mastura, namun hal itu tidak menjadi penghalang baginya membangun komunikasi yang baik.
 
"Tidak ada ruang bagi kami berjarak untuk tidak bisa berkomunikasi. Saya setiap waktu bisa bertemu dan bahkan berkunjung ke tempat beliau berdiskusi," ucap Hidayat.
 
Bahkan ia bertekat, di momen pesta demokrasi kali ini ingin membangun kesepakatan menciptakan demokrasi atau pilkada yang sejuk dan damai.
 
"Jangan hanya karena perbedaan pandangan lalu kita terpisah, saya tidak ingin hal itu terjadi. Kita ingin mengangkat martabat daerah ini dengan penuh rasa kekeluargaan," kata dia menambahkan.
 
Dijadwalkan, pasangan Hidayat-Bartolomeus mendaftarkan diri di KPU Sulteng pada Sabtu (5/9), setelah itu dilanjutkan dengan deklarasi bersama relawan dan tim pemenangan.
 
Saat ini persiapan pilkada serentak di Sulteng sudah berada pada tahapan pendaftaran bakal pasangan calon yang berlangsung selama tiga hari, di mulai 4-6 September, dan pemungutan suara telah ditetapkan pada 9 Desember mendatang.

Baca juga: Bacagub Sulteng Rusdi Mastura upayakan peningkatan PAD Rp10 Triliun

Baca juga: Artis Aldi Taher maju Pilkada Sulteng 2020

Baca juga: Verifikasi faktual pilkada serentak di Sulteng terhambat cuaca ekstrem

Baca juga: Bawaslu Sulteng : Sanksi pelanggaran netralitas ASN belum berefek jera
Pewarta : Muhammad Arshandi/Moh Ridwan
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2020